Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Tapi, tahu gak sih kalau kawasan industri ini juga menyimpan permata wisata yang layak banget untuk kita datangi?

Ya, Gresik jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali gak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan yang mungkin gak kamu temukan di tempat lain. Penasaran ‘kan sama tempat wisata yang dipunyai kabupaten ini? Yuk, ikut Hipwee muter-muter kota ini.

9. Temukan kejayaan masa lalu kota Gresik lewat kawasan Kota Lama-nya. Ini bisa kamu jelajahi cukup dengan berjalan kaki

Kampung Kemasan, kawasan Kota Lama Gresik
Kampung Kemasan, kawasan Kota Lama Gresik via picyou.com

Kawasan Kota Lama kabupaten Gresik memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemar sejarah. Susurilah gang-gang di sekitar Jalan Wahid Hasyim, Raden Santri, Basuki Rachmat, HOS Cokroaminoto, Jalan Nyi Ageng Arem-arem, dan Kampung Kemasan. Kamu akan merasa seolah dibawa kembali ke zaman Hindia Belanda.

Sejumlah bangunan lawas dengan arsitektur klasik masih tampak terawat meski umurnya lebih dari seabad. Beberapa bangunan bersejarah seperti Masjid Jami, Gedung Parlemen, Garling, dan Kantor Pos Pelabuhan, juga masih difungsikan sampai saat ini. Menyusuri tempat ini tentunya menjadi pengalaman menarik saat kamu berkunjung ke Gresik.