Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Tapi, tahu gak sih kalau kawasan industri ini juga menyimpan permata wisata yang layak banget untuk kita datangi?

Ya, Gresik jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali gak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan yang mungkin gak kamu temukan di tempat lain. Penasaran ‘kan sama tempat wisata yang dipunyai kabupaten ini? Yuk, ikut Hipwee muter-muter kota ini.

8. Gresik juga tenar sebagai kota Wali. Jangan terlewat untuk melakukan wisata ziarah ke makam Sunan Gresik di desa Gapuro Sukolilo

Makam Maulana Malik Ibrahim
Makam Maulana Malik Ibrahim via www.thearoengbinangproject.com

Selain menjadi kawasan industri, Gresik juga dikenal sebagai salah satu pusat penyebaran ajaran agama Islam di Pulau Jawa. Makanya, gak heran jika di sini kamu bisa menemukan sejumlah lokasi wisata ziarah dari beberapa tokoh penyebar agama Islam, salah satunya adalah makam Maulana Malik Ibrahim atau yang dikenal juga dengan Sunan Gresik.

Di bagian pendopo dari kompleks makam yang terawat ini, kamu bisa menemukan tiga buah makam yang serupa tapi memiliki ornamen serta ukuran yang sedikit berbeda. Di ujung kiri adalah Makam Maulana Malik Ibrahim, sementara di sebelahnya adalah makam sang istri dan putranya. Kamu bisa melihat ketiga makam ini dari dekat sekalian bergabung dengan peziarah lainnya
.
Selain makam Maulana Malik Ibrahim, di Gresik kamu juga bisa mengunjungi makam Sunan Giri di desa Giri, makam Sunan Prapen yang merupakan cucu Sunan Giri di desa Klangonan, serta makam Fatimah binti Maimun di desa Klangonan yang dipercaya sebagai makam Islam tertua di Asia Tenggara.