Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Tapi, tahu gak sih kalau kawasan industri ini juga menyimpan permata wisata yang layak banget untuk kita datangi?

Ya, Gresik jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali gak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan yang mungkin gak kamu temukan di tempat lain. Penasaran ‘kan sama tempat wisata yang dipunyai kabupaten ini? Yuk, ikut Hipwee muter-muter kota ini.

7. Bisakah kamu menjelaskan fenomena air berwarna biru di Sendang Banyu Biru Lowayu?

Sendang Banyu Biru Lowayu
Sendang Banyu Biru Lowayu via www.kaskus.co.id

Desa Lowayu, kecamatan Dukun, Gresik, ternyata menyimpan potensi wisata yang unik dan bisa dibilang ajaib bernama Sendang Banyu Biru. Seperti namanya yang berarti kolam air biru, sendang ini memiliki air yang benar-benar biru. Padahal, perairan yang ada di sekitarnya gak ada yang sebiru ini, tuh.

Sampai sekarang memang belum ada penelitian ilmiah untuk mencari tahu sebab air sendang ini bisa berwarna biru. Tapi, aroma belerang terasa jelas bila kita mendekati sendang ini. Oh iya, air sendang ini dipercaya warga bisa menyembuhkan berbagai penyakit, lho.