Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Tapi, tahu gak sih kalau kawasan industri ini juga menyimpan permata wisata yang layak banget untuk kita datangi?

Ya, Gresik jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali gak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan yang mungkin gak kamu temukan di tempat lain. Penasaran ‘kan sama tempat wisata yang dipunyai kabupaten ini? Yuk, ikut Hipwee muter-muter kota ini.

6. Masih di kecamatan Bungah, Goa Gelang Agung pun tak boleh alpa kamu singgahi

Goa Gelang Agung, desa Melirang, Bungah
Goa Gelang Agung, desa Melirang, Bungah via desa-melirang.blogspot.com

Masih berada di wilayah kecamatan Bungah, tepatnya di desa Melirang, ada sebuah goa alam yang layak kamu singgahi bernama goa Gelang Agung. Goa ini cukup unik karena memiliki mulut goa yang tinggi dan lebar. Sementara, bagian dalamnya melingkar serupa gelang yang tembus ke beberapa tempat, makanya goa ini dinamakan demikian.

Goa sepanjang lebih kurang 4 km ini tak hanya bisa kamu nikmati ornamen berupa stalagtit dan stalagmitnya, tapi juga memiliki ruangan-ruangan yang konon pernah digunakan untuk pertapaan maupun tempat persembunyian.