Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Tapi, tahu gak sih kalau kawasan industri ini juga menyimpan permata wisata yang layak banget untuk kita datangi?

Ya, Gresik jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali gak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan yang mungkin gak kamu temukan di tempat lain. Penasaran ‘kan sama tempat wisata yang dipunyai kabupaten ini? Yuk, ikut Hipwee muter-muter kota ini.

3. Telaga Ngipik, oase di tengah-tengah kawasan industri Gresik yang panas dan sumpek

Telaga Ngipik
Telaga Ngipik via www.flickr.com

Panas dan sumpek, itulah yang dirasakan saat kamu memasuki kawasan industri Gresik, di mana terdapat banyak industri dan pabrik di daerah ini. Tapi tanpa perlu jauh-jauh, kamu bisa kok menikmati suasana yang sejuk dan asri di tengah kota. Datang aja ke Telaga Ngipik atau yang dikenal juga dengan nama Taman Wisata Giri Wana Tirta.

Telaga Ngipik menjadi oase di tengah sumpek nya kawasan industri kota Gresik. Letaknya hanya sekitar 1,5 km dari alun-alun kota Gresik. Di sini, kamu bisa menikmati semilir angin dan rindangnya pepohonan yang hijau, dengan panorama telaga sebagai daya tariknya. Selain itu, tempat ini juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan ski air oleh Persatuan Ski Air seluruh Indonesia atau PSASI Jatim, lho.