Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Tapi, tahu gak sih kalau kawasan industri ini juga menyimpan permata wisata yang layak banget untuk kita datangi?

Ya, Gresik jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali gak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan yang mungkin gak kamu temukan di tempat lain. Penasaran ‘kan sama tempat wisata yang dipunyai kabupaten ini? Yuk, ikut Hipwee muter-muter kota ini.

2. Pasir putih yang lembut dan air yang tenang juga bisa kamu temukan di Pantai Delegan, yang terletak di ujung utara Gresik


Pantai Delegan
Pantai Delegan via www.sobatpetualang.com

Pantai Delegan adalah salah satu objek wisata yang paling populer di Gresik, sehingga tak heran kalau tempat ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada hari libur. Pantai yang berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, ini memiliki pasir putih yang lembut serta ombak yang kalem.

Fasilitas yang dimiliki pantai ini memang masih terbilang sederhana karena hanya dikelola oleh warga setempat. Tapi, kamu dijamin bisa main air sampai puas, deh! Tempat ini juga sering dijadikan lokasi perlombaan bahari setiap bulan Agustus.