Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Tapi, tahu gak sih kalau kawasan industri ini juga menyimpan permata wisata yang layak banget untuk kita datangi?

Ya, Gresik jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali gak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan yang mungkin gak kamu temukan di tempat lain. Penasaran ‘kan sama tempat wisata yang dipunyai kabupaten ini? Yuk, ikut Hipwee muter-muter kota ini.

1. Sebelum menjelajahi Kabupaten Gresik di Pulau Jawa, kita melipir dulu ke seberang lautan — menjemput eksotisme Pulau Bawean

Berlari ke Pulau Noko, Bawean
Berlari ke Pulau Noko, Bawean via id.wikipedia.org

Meski letaknya di tengah-tengah Laut Jawa, Pulau Bawean ini masih bagian dari Kabupaten Gresik. Pulau yang letaknya 80 mil atau 120 km dari Gresik ini ternyata menyimpan sejuta eksotisme pariwisata di dalamnya. Ada sejumlah pantai berpasir putih di sekeliling pulau, wisata pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, sampai Pulau Noko yang bisa kamu jelajahi dengan berjalan kaki saat laut surut.

Selain itu, ada rusa Bawean (Axis kuhli), spesies endemik yang dijadikan sebagai maskot bagi Kabupaten Gresik. Untuk menuju kemari, kamu bisa menumpang kapal cepat ekspres bahari milik swasta, atau kapal ASDP Gili Iyang. Datanglah ke pulau ini dan buktikan sendiri keelokannya.

2. Pasir putih yang lembut dan air yang tenang juga bisa kamu temukan di Pantai Delegan, yang terletak di ujung utara Gresik


Pantai Delegan
Pantai Delegan via www.sobatpetualang.com

Pantai Delegan adalah salah satu objek wisata yang paling populer di Gresik, sehingga tak heran kalau tempat ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada hari libur. Pantai yang berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, ini memiliki pasir putih yang lembut serta ombak yang kalem.

Fasilitas yang dimiliki pantai ini memang masih terbilang sederhana karena hanya dikelola oleh warga setempat. Tapi, kamu dijamin bisa main air sampai puas, deh! Tempat ini juga sering dijadikan lokasi perlombaan bahari setiap bulan Agustus.

3. Telaga Ngipik, oase di tengah-tengah kawasan industri Gresik yang panas dan sumpek

Telaga Ngipik
Telaga Ngipik via www.flickr.com

Panas dan sumpek, itulah yang dirasakan saat kamu memasuki kawasan industri Gresik, di mana terdapat banyak industri dan pabrik di daerah ini. Tapi tanpa perlu jauh-jauh, kamu bisa kok menikmati suasana yang sejuk dan asri di tengah kota. Datang aja ke Telaga Ngipik atau yang dikenal juga dengan nama Taman Wisata Giri Wana Tirta.

Telaga Ngipik menjadi oase di tengah sumpek nya kawasan industri kota Gresik. Letaknya hanya sekitar 1,5 km dari alun-alun kota Gresik. Di sini, kamu bisa menikmati semilir angin dan rindangnya pepohonan yang hijau, dengan panorama telaga sebagai daya tariknya. Selain itu, tempat ini juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan ski air oleh Persatuan Ski Air seluruh Indonesia atau PSASI Jatim, lho.

4. Sambangi juga uniknya arsitektur gunung kapur Sekapuk yang mirip candi, namun sebenarnya bekas galian tambang

Gunung kapur Sekapuk
Gunung kapur Sekapuk via indiralarasputri.blogspot.com

Gunung kapur yang ditambang menyisakan arsitektur unik dan eksotis yang tentunya menarik untuk kamu sambangi. Terletak di desa Sekapuk, kecamatan Ujung Pangkah, kamu bisa menikmati gunung kapur yang dilubangi, membentuk goa dan pilar-pilar yang mengingatkan kita pada film-film fantasi.

Di dindingnya, tampak bekas-bekas pahatan hasil penambangan yang dilakukan oleh warga sekitar. Sebagian warga desa Sekapuk ini memang berprofesi sebagai penambang kapur. Gunung ini sendiri mulai ditambang sejak 1950-an dan kini menjadi salah satu daya tarik bagi kabupaten Gresik.

5. Tak jauh dari gunung Sekapuk, ada pula Bukit Jamur yang gak kalah menawannya

Bukit Jamur
Bukit Jamur via citizen6.liputan6.com

Percaya gak, di Gresik ada bukit jamur yang terdiri dari jamur-jamur raksasa? Kalau gak percaya, datang aja ke bukit kapur di kecamatan Bungah. Di sana kamu akan menemukan “jamur-jamur” raksasa berjajar dengan eloknya.

Berjarak sekitar 5-6 kilometer dari gunung kapur Sekapuk, Bukit Jamur ini juga adalah salah satu lokasi bekas galian yang kini nge-hits sebagai tempat wisata. Karena bagian bawahnya terkena erosi yang disebabkan oleh hujan dan angin, maka terbentuklah jamur-jamur raksasa seperti sekarang ini. Hm, pasti seru nih, mejeng dan foto-foto di sini!

6. Masih di kecamatan Bungah, Goa Gelang Agung pun tak boleh alpa kamu singgahi

Goa Gelang Agung, desa Melirang, Bungah
Goa Gelang Agung, desa Melirang, Bungah via desa-melirang.blogspot.com

Masih berada di wilayah kecamatan Bungah, tepatnya di desa Melirang, ada sebuah goa alam yang layak kamu singgahi bernama goa Gelang Agung. Goa ini cukup unik karena memiliki mulut goa yang tinggi dan lebar. Sementara, bagian dalamnya melingkar serupa gelang yang tembus ke beberapa tempat, makanya goa ini dinamakan demikian.

Goa sepanjang lebih kurang 4 km ini tak hanya bisa kamu nikmati ornamen berupa stalagtit dan stalagmitnya, tapi juga memiliki ruangan-ruangan yang konon pernah digunakan untuk pertapaan maupun tempat persembunyian.

7. Bisakah kamu menjelaskan fenomena air berwarna biru di Sendang Banyu Biru Lowayu?

Sendang Banyu Biru Lowayu
Sendang Banyu Biru Lowayu via www.kaskus.co.id

Desa Lowayu, kecamatan Dukun, Gresik, ternyata menyimpan potensi wisata yang unik dan bisa dibilang ajaib bernama Sendang Banyu Biru. Seperti namanya yang berarti kolam air biru, sendang ini memiliki air yang benar-benar biru. Padahal, perairan yang ada di sekitarnya gak ada yang sebiru ini, tuh.

Sampai sekarang memang belum ada penelitian ilmiah untuk mencari tahu sebab air sendang ini bisa berwarna biru. Tapi, aroma belerang terasa jelas bila kita mendekati sendang ini. Oh iya, air sendang ini dipercaya warga bisa menyembuhkan berbagai penyakit, lho.

8. Gresik juga tenar sebagai kota Wali. Jangan terlewat untuk melakukan wisata ziarah ke makam Sunan Gresik di desa Gapuro Sukolilo

Makam Maulana Malik Ibrahim
Makam Maulana Malik Ibrahim via www.thearoengbinangproject.com

Selain menjadi kawasan industri, Gresik juga dikenal sebagai salah satu pusat penyebaran ajaran agama Islam di Pulau Jawa. Makanya, gak heran jika di sini kamu bisa menemukan sejumlah lokasi wisata ziarah dari beberapa tokoh penyebar agama Islam, salah satunya adalah makam Maulana Malik Ibrahim atau yang dikenal juga dengan Sunan Gresik.

Di bagian pendopo dari kompleks makam yang terawat ini, kamu bisa menemukan tiga buah makam yang serupa tapi memiliki ornamen serta ukuran yang sedikit berbeda. Di ujung kiri adalah Makam Maulana Malik Ibrahim, sementara di sebelahnya adalah makam sang istri dan putranya. Kamu bisa melihat ketiga makam ini dari dekat sekalian bergabung dengan peziarah lainnya
.
Selain makam Maulana Malik Ibrahim, di Gresik kamu juga bisa mengunjungi makam Sunan Giri di desa Giri, makam Sunan Prapen yang merupakan cucu Sunan Giri di desa Klangonan, serta makam Fatimah binti Maimun di desa Klangonan yang dipercaya sebagai makam Islam tertua di Asia Tenggara.

9. Temukan kejayaan masa lalu kota Gresik lewat kawasan Kota Lama-nya. Ini bisa kamu jelajahi cukup dengan berjalan kaki

Kampung Kemasan, kawasan Kota Lama Gresik
Kampung Kemasan, kawasan Kota Lama Gresik via picyou.com

Kawasan Kota Lama kabupaten Gresik memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemar sejarah. Susurilah gang-gang di sekitar Jalan Wahid Hasyim, Raden Santri, Basuki Rachmat, HOS Cokroaminoto, Jalan Nyi Ageng Arem-arem, dan Kampung Kemasan. Kamu akan merasa seolah dibawa kembali ke zaman Hindia Belanda.

Sejumlah bangunan lawas dengan arsitektur klasik masih tampak terawat meski umurnya lebih dari seabad. Beberapa bangunan bersejarah seperti Masjid Jami, Gedung Parlemen, Garling, dan Kantor Pos Pelabuhan, juga masih difungsikan sampai saat ini. Menyusuri tempat ini tentunya menjadi pengalaman menarik saat kamu berkunjung ke Gresik.

10. Akhirnya, manjakan lidahmu lewat berbagai menu kuliner khas kabupaten Gresik

Sego romo
Sego romo via www.cumilebay.com

Perjalananmu menjelajah berbagai tempat wisata di Gresik tentunya belum lengkap kalau lidahmu belum mencicipi berbagai kuliner khas Gresik. Ada sego rumo, yaitu nasi putih yang disajikan dalam pincuk (bungkus pisang) dan disiram dengan kuah kental yang menyerupai bubur sumsum, tapi rasanya gurih. Kuliner unik ini hanya kamu temukan di tempat-tempat tertentu aja, seperti di sekitar Pasar Kota dan Pasar Baru, serta di seputaran alun-alun.

Ada pula nasi krawu, kuliner andalan kota Gresik yang melegenda. Makanan ini berupa nasi putih yang diberi potongan daging sapi kering plus sambal petis dan ditambah lagi dengan tiga macam serundeng yang masing-masing memiliki rasa dan aroma berbeda. Pas banget deh buat mengganjal perutmu!

Itulah sejumlah keelokan wisata yang bis kamu temukan di Kabupaten Gresik. Kamu mau nambahin? Bagiin yuk di kolom komentar!