Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Tapi, tahu gak sih kalau kawasan industri ini juga menyimpan permata wisata yang layak banget untuk kita datangi?

Ya, Gresik jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali gak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan yang mungkin gak kamu temukan di tempat lain. Penasaran ‘kan sama tempat wisata yang dipunyai kabupaten ini? Yuk, ikut Hipwee muter-muter kota ini.

10. Akhirnya, manjakan lidahmu lewat berbagai menu kuliner khas kabupaten Gresik

Sego romo
Sego romo via www.cumilebay.com

Perjalananmu menjelajah berbagai tempat wisata di Gresik tentunya belum lengkap kalau lidahmu belum mencicipi berbagai kuliner khas Gresik. Ada sego rumo, yaitu nasi putih yang disajikan dalam pincuk (bungkus pisang) dan disiram dengan kuah kental yang menyerupai bubur sumsum, tapi rasanya gurih. Kuliner unik ini hanya kamu temukan di tempat-tempat tertentu aja, seperti di sekitar Pasar Kota dan Pasar Baru, serta di seputaran alun-alun.

Ada pula nasi krawu, kuliner andalan kota Gresik yang melegenda. Makanan ini berupa nasi putih yang diberi potongan daging sapi kering plus sambal petis dan ditambah lagi dengan tiga macam serundeng yang masing-masing memiliki rasa dan aroma berbeda. Pas banget deh buat mengganjal perutmu!

Itulah sejumlah keelokan wisata yang bis kamu temukan di Kabupaten Gresik. Kamu mau nambahin? Bagiin yuk di kolom komentar!