Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Tapi, tahu gak sih kalau kawasan industri ini juga menyimpan permata wisata yang layak banget untuk kita datangi?

Ya, Gresik jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali gak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan yang mungkin gak kamu temukan di tempat lain. Penasaran ‘kan sama tempat wisata yang dipunyai kabupaten ini? Yuk, ikut Hipwee muter-muter kota ini.

1. Sebelum menjelajahi Kabupaten Gresik di Pulau Jawa, kita melipir dulu ke seberang lautan — menjemput eksotisme Pulau Bawean

Berlari ke Pulau Noko, Bawean
Berlari ke Pulau Noko, Bawean via id.wikipedia.org

Meski letaknya di tengah-tengah Laut Jawa, Pulau Bawean ini masih bagian dari Kabupaten Gresik. Pulau yang letaknya 80 mil atau 120 km dari Gresik ini ternyata menyimpan sejuta eksotisme pariwisata di dalamnya. Ada sejumlah pantai berpasir putih di sekeliling pulau, wisata pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, sampai Pulau Noko yang bisa kamu jelajahi dengan berjalan kaki saat laut surut.

Selain itu, ada rusa Bawean (Axis kuhli), spesies endemik yang dijadikan sebagai maskot bagi Kabupaten Gresik. Untuk menuju kemari, kamu bisa menumpang kapal cepat ekspres bahari milik swasta, atau kapal ASDP Gili Iyang. Datanglah ke pulau ini dan buktikan sendiri keelokannya.