I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

Cara Meningkatkan SEO Blog dan Web Untuk Mendatangkan Traffic

Cara Meningkatkan SEO Blog dan Web Untuk Mendatangkan Traffic

Cara Meningkatkan SEO Blog dan Web

Cara Meningkatkan SEO Blog dan Web Untuk Mendatangkan Traffic

meningkatkan Traffict www.XploreWisata.Com

Cara Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) pada Blog maupun Website mungkin sudah banyak diketahui banyak orang, para Blogger khususnya. Meskipun sudah banyak yang tahu, namun sedikit yang berhasil untuk mendatangkan Traffic ke blog mereka, bukan, bukan karena ilmu seo yang mereka pelajari salah, melainkan karena mereka tidak sungguh-sungguh dalam mengimplementasikan ilmu atau pengetahuan tentang SEO yang sudah mereka pelajari.

Seperti yang kita semua ketahui Kunci dari SEO itu sendiri sebenarnya hanya ada dua, yaitu SEO Off-Page dan SEO On-Page.

Sedikit penjelasan mengenai kedua teknik seo diatas, sesuai namanya Off-Page yang berarti Luar Halaman maka SEO Off-Page bisa Anda artikan sebagai pengoptimalan blog di 'mata' mesin pencari melalui luar blog. Sebaliknya SEO On-Page adalah pengoptimalan dari dalam blog.

SEO Off-Page dan On-Page keduanya sangat penting, ibarat ratu dan raja yang harus saling melengkapi.

Namun jika Anda meminta saya untuk memilih mana yang harus lebih ditekankan antara Off-Page dan On-Page tentu saja saya akan menjawab dan memilih Off-Page.

Hal tersebut karena Google selaku mesin pencari terbesar di muka bumi ini, menempatkan Backlink di urutan pertama sebagai faktor yang paling mempengaruhi ranking atau posisi di SERP (Search Engine Result Page).

Tujuan utama seseorang men-SEO-kan Blog atau Website tentunya agar bisa bersaing di Google dan ujung-ujungnya tentu saja untuk mendatangkan Traffic atau kunjung ke Blog / Website tersebut.

Untuk itu disini saya akan membagikan 2 Tips SEO Dasar yang bisa Anda coba, agar nantinya blog Anda mendapatkan traffic melimpah dari Google.

Perlu dicatat bahwa Tips dan Trik SEO yang akan saya bagikan ini adalah Dasar-nya saja, jadi bisa dibilang ini khusus untuk Pemula, dan untuk para Masta sebaiknya jangan diteruskan membaca. Saya takut Anda sakit mata ketika membacanya.

2 Cara Meningkatkan SEO Blog dan Web

2 Cara / 2 Tips / 2 Trik sama saja ya, jadi jangan bingung saat saya menyebutkan 2 Tips lalu dibawahnya saya sebutkan 2 Cara, sesungguhnya artinya sama saja, hanya untuk menambah kata kunci hehe.

Dan berikut adalah penjelesan mengenai Cara Meningkatkan On Page SEO maupun Off Page SEO.

Cara Meningkatkan On Page SEO Blog dan Web

SEO On Page atau On Page SEO (dibolak balik sama saja, ini sengaja saya lakukan biar tidak gosong) pada dasarnya (seperti yang saya jelaskan diatas) merupakan sebuah teknik yang dilakukan oleh para Praktisi SEO untuk mengoptimalkan skor SEO dengan cara mengotak-atik Blog mereka dari dalam.

Skor atau Elemen On Page SEO sendiri meliputi :
  1. Title Tags
  2. Heading Tags
  3. Alt Image Tags
  4. Meta Tags
  5. Keywords
  6. Urls
Sepertinya tidak afdol jika tidak saya jelaskan satu per satu dari Ke Enam Elemen On Page SEO diatas.
  1. Title Tags
    Dari namanya saya yakin Anda sudah bisa menebak apa maksudnya. Dan Title yang bagus (dalam hal seo) tentu harus berada di kisaran 10-70 karakter, dan jika lebih atau kurang dari itu (katanya) tidak baik untuk SEO karena jika terlalu panjang (very long tail keyword) akan dianggap sebagai Stuffing Keyword atau sederhananya Google menganggap kita 'rakus' dalam menembak kata kunci. Jadi usahakan menulis Title Tag yang sewajarnya saja.

    Bicara tentang Title atau Judul, mungkin Anda tertarik membaca Pengaruh Dari Ganti Judul Artikel Blog

  2. Heading Tags
    Heading Tags terdiri dari H1, H2, H3, H4, H5 dan H6. Setiap Heading (H1 - H6) mempunyai fungsi tertentu, sebagai contoh H1 digunakan untuk menuliskan Judul hal tersebut untuk menekankan atau memberitahukan kepada Mesin Pencari (Google) bahwa 'ini lho judulku, dan ini yang menjadi kata kunci incaranku'.

    Butuh penjelasan lebih dalam tentang H1 dan kawan-kawanya ? silahkan Anda baca Apa Fungsi H1 H2 H3 H4 H5 H6

  3. Alt Image Tags
    Mengisi alt pada sebuah gambar bisa dibilang hukumnya adalah Wajib jika kita melihat dari kacamata SEO. Hal tersebut bukan tanpa alasan ya, mengingat alt tags lah yang akan membantu Search Engine dalam mengindex gambar tersebut. Alt Image Tags juga dipercaya sebagai syarat agar gambar tersebut bisa diindex dan dicari di Google dengan kata kunci tertentu.

    Untuk lebih jelasnya mengenai Alt Image Tags Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang Alt Image Tags disini Tips Mengoptimalkan SEO Untuk File Gambar

  4. Meta Tags
    Meta Tags ini seringkali menjadi kontroversi, ada sesepuh SEO yang mengatakan 'Google Tidak lagi meggunakan Meta Tags untuk merangking situs, catat itu'. Adanya benarnya juga apa yang dikatakan sesepuh ini, tapi sesepuh lain ada yang tak mau kalah dan membatahnya dengan yakin 'Meta Tags memang tidak ada kaitannya dengan SEO namun ada faktor lain yang membuat Meta Tags penting yaitu Deskripsi untuk menarik pengunjung agar mengklik blog kita'. Kedua argumen tersebut hebat dan berbobot saya sendiri sampai bingung, hehe.

    Jika ingin tau lebih tentang Meta Tags, silahkan baca Meta Tag Blog Yang Penting Untuk SEO

  5. Keywords
    Keywords atau kata kunci. Sesuai namanya keywords ini adalah hal Elemen On Page yang harus ada, bisa dibilang yang terpenting, mutlak harus ada dan tidak bisa ditawar lagi. Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa si Matt Cutts pernah membahas yang namanya Keyword Density (kepadatan kata kunci) yang jika saya artikan kurang lebih seingat saya seperti ini 'kata kunci sesungguhnya tidak usah diulang ulang, cukup katakan satu kali saja lalu jelaskan intinya'.

    Artikel pendukung Keywords :
    Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Adwords Keyword Planner
    Kelebihan dan Pengertian | Keyword Abadi | Keyword Musiman
    Cara Mencari Keyword Yang Tepat

  6. Urls
    Jelas pakai banget, bahwa yang dimaksud URL disini adalah URL Postingan atau URL Utama Blog Anda. Jadi intinya ketika ingin menentukan nama blog usahakan untuk menyertakan kata kunci yang sedang Anda tembak. Contoh mudahnya seperti blog saya yang ganteng ini (berkat template mas sugeng tentunya, haha). Dimana saya menyelipkan kata kunci yang saya bidik yaitu seo ke dalam nama utama blog ini yaitu berguruseo.blogspot.com. Dengan harpan ketika google merayapi situs saya maka mereka (googl bot) akan menempatkan atau mengklasifikasikan Blog saya dengan blog - blog seo lainnya. Jadi ketik saya menulis tentang SEO google akan memberi nilai tambah pad blog saya ini, alasannya sederhana selain karena nama blog syaa mengandung kata kunci, selain itu juga karena saya sudah dicap sebagai blog yang membahas SEO, jadi blog saya ini akan dianggap yang paling relevan.
Gak sadar kalau saya nulis tanpa pakai enter. Oke, selanjutnya kita akan membahas Off Page SEO, jika tidak kuat membaca lagi Anda boleh berhenti membaca sampai disini. Tapi jangan salahkan saya jika nantinya Anda tergeser oleh blog teman-teman Anda yang sudah menerapkan Teknik SEO Off Page dibawah ini.

Cara Meningkatkan Off Page SEO Blog dan Web

Selain mengoptimalkan On Page Blog dan Web, yang tak kalah penting lainnya adalah meningkatkan SEO Blog dan Web dari luar (Off Page). Off Page ini adalah teknik yang tidak boleh Anda lewatkan alias sangat penting sekali (entah sudah berapa kali saya mengatakan ini).

Off Page SEO terdiri dari :
  1. Link Building
  2. Social Media
  3. Social Bookmarking
  4. Directory Submission
Demi Anda saya jelaskan satu per satu dari keempat elemen Off Page SEO ditas.
  1. Link Building
    Link Building juga sering disebut dengan Backlink, namun dengan konteks yang lebih luas, jika Backlink hanya fokus pada mencari Link yang mengarah ke blog kita, namun Link Building sebaiknya, yaitu lebih mementingkan kualitas dari pada kuantitas. Teknik Link building sendiri sudah saya jelaskan secara jelas pada artikel yang saya tulis sebelumnya.

    Berminat mempelajari lebih dalam konsep Link Building yang benar ? silahkan Anda baca Seperti Apa Backlink Berkualitas Itu & Apa Fungsi Untuk SEO.

    Sudah jelas tentang Backlink dan Link Building ? kini saatnya kita belajar Cara Mendapatkan BackLink Berkualitas.

    Backlink berkualitas sudah kita dapat, namun ranking blog belum juga naik ? pelajari Backlink Lawan melalui artikel saya yang satu ini Cara Cek Backlink Web Blog Lawan Secara Akurat & Gratis.

    Saya anggap Anda sudah berada di Page One dengan urutan Pertama, kini saatnya kita mempertahankan posisi tersebut dengan memanfaatkan Backlink dari Blog Tier 1 - 3, asing dengan istilah Tier 1 ? silahkan baca Pengertian Tentang Apa Itu Link Tier 1, 2, 3 Dalam SEO.

  2. Social Media
    Social Media (Jejaring Sosial) juga sering disebut sebagai Social Signal, artinya semakin populer situs tersebut di Social Media seperti Facebook, Twitter dan Google Plus, maka peluang untuk menempati rankin 1 di google juga akan semakin besar.

    Social signal sendiri tidak serta merta berpatokan dari ketiga jejaring sosial yang sebutkan diatas, melainkan juga dari Path misalnya. Tertarik mengetahui jejaring sosial apa saja yang bisa meningkatkan ranking blog Anda ? silahkan Anda nikmati 7 Situs Jejaring Sosial Terbaru dan Terpopuler.

  3. Social Bookmarking
    'Wah, apalagi ini ? apakah sama dengan social media ?' bisa dibilang serupa tapi tidak sama. Contoh mudah social bookmarking ini seperti Delicious, Slashdot dan Scoop.it.

    Saya tidak akan berbicara banyak tentang Social Bookmarking ini, karena pada artikel saya sebelumnya sudah saya berikan 250 Dofollow Social Bookmarking List High PR

  4. Directory Submission
    Yang terakhir dan yang paling penting adalah Directory Submission. Kalau diartikan apa ya, saya sendiri juga bingung karena jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya Penaklukan Direktori.

    Tapi intinya, yang dimaksud dengan Directory Submission dalam SEO adalah mensubmit situs kita ke directory terkenal seperti Dmoz.org dan Technorati.com

    Caranya mudah saja, cukup kunjungi kedua situs tersebut, lalu tinggal Anda submit dan isi data yang diperlukan seperti Alamat Blog, Judul Blog, RSS Feed Blog dan lain-lain.
Ini adalah artikel tentang SEO terpanjang yang pernah saya tulis, dan sebelumnya saya tidak pernah membagikan informasi seserius, sedalam dan secerah ini kepada pengunjung. Hal yang membuat saya semangat ini dalam membagikan informasi tentang SEO bukan tanpa alasan, dan alasan utama saya adalah walaupun ilmu seo saya juga masih cetek tapi saya ingin membuat Blog ini sebagai tempat Belajar SEO yang benar-benar memberikan harapan dan manfaat bagi para pemula yang baru terjun di dunia seo.

Karena jika Anda sudah menjadi ahli seo atau pakar seo, maka pundi-pundi dollar akan membanjiri PayPal Anda.

Oke saya rasa sampai disini sharing saya tentang Cara Meningkatkan SEO Blog dan Web, semoga apa yang saya tulis ini bisa memberikan sedikit pencerahan untuk Anda yang ingin mendatangkan pengunjung dari Google dengan SEO. 
 

Posting Komentar

0 Komentar