Artikel Terbaru :

GUIDE NAIK GUNUNG # MERBABU # LAWU # PRAU # SEMERU # DST # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu penyedia jasa layanan pemandu dan event organizer naik Gunung di Pulau Jawa. Kami juga menyediakan beberapa jadwal pendakian yang bisa diakses dan diakses dalam website ini. Gunung yang sering kami kunjungi diantaranya Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Lawu, dan lainnya.

GUA PINDUL # RAFTING OYA # OFFROAD # GUA INDAH # GUA SI OYOT # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu agen resmi reservasi Gua Pindul, Rafting Oya dan Off Road. Keuntungan reservasi melalui kami ialah mendapatkan penawaran terbaik dari kami dan tanpa antri. #Pemandu Lokal #Transport Lokal 'PAJERO' #Ban #Pelampung #Asuransi #Wedang Pindul #Toilet Banyak #Parkiran Luas

TELAGA WARNA # KAWAH SIKIDANG # GUNUNG SIKUNIR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Dieng Plateau mempunyai potensi alam yang luar biasa indahnya sehingga sangat kami sarankan untuk mengunjunginya. Selain Telaga Warna, Kawah Sikidang dan Candi Arjuna dalam beberapa bulan terakhir baru booming Gunung Sikunir dan Gunung Prau

RESTO INDRAYANTI # MALIOBORO # PRAMBANAN # BOROUBUDUR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Resto Indrayanti merupakan obyek wisata baru yang sekarang menjadi tujuan wisata di Yogyakarta. Malioboro menjadi tujuan akhir wisata belanja. Mari yang berminat mengunjungi segera menghubungi admin.

AVANZA # INNOVA # ELF # ELF LONG # HIACE # BIG & MICRO BUS # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami mempunyai berbagai macam armada dengan harga bersahabat. Kami menyarankan bagi calon wisatawan apabila hendak mencari armada untuk liburan direncanakan jauh jauh hari guna mendapatkan pelayanan yang terbaik dari kami.

Home » , » Gunung Merbabu 'Jalur Pendakian'

Gunung Merbabu 'Jalur Pendakian'

Written By Syarifain Ghafur on Jumat, 27 Mei 2016 | 05.42

Gunung Merbabu

 
GUNUNG MERBABU

GUNUNG MERBABU
Gunung Merbabu adalah salah satu gunung paling indah di provinsi Jawa Tengah tepatnya di kabupaten Magelang (Barat), Boyolali (Timur), Salatiga (Selatan), dan Semarang (Utara). Jalur pendakian gunung Merbabu cocok sekali untuk para pendaki pemula. Dari mulai jalan datar, bergelombang, agak naik, dan menanjak sampai menanjak sekali ada di jalur pendakian gunung Merbabu. Ditambah lagi hutan homogen, sabana, dan bukit-bukit rumput menghiasi di setiap perjalanan.

Gunung Merbabu adalah gunung yang pernah aktif. Tercatat pernah meletus pada tahun 1560 dan tahun 1797. Oleh karena itu gunung Merbabu disebut juga gunung tidur karena sudah tidak meletus lagi. Ketinggian gunung Merbabu yakni 3.142 mdpl atau sekitar 10.630 kaki. Untuk ketinggian tersebut gunung Merbabu sudah tergolong gunung dengan ketinggian di atas rata-rata. Namun bagi para pendaki pemula jangan kawatir karna ketinggian tersebut akan dibalas dengan pemandangan di sana.


PUNCAK
Gunung Merbabu memiliki dua puncak tertinggi yakni puncak Syarif (3.119 mdpl) dan Puncak Kenteng Songo/Tianggulasi (3.142 mdpl).

JALUR PENDAKIAN
Untuk mendaki gunung Merbabu kita diberi beberapa pilihan jalur pendakian. Masing-masing memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda. Namun pada dasarnya jalur-jalur pendakian tersebut juga memiliki pemandangan yang sama indahnya. Jalur pendakian Selo (1) adalah jalur pendakian dari Magelang atau Boyolali. Jalur ini adalah jalur favorit dan paling ramai dipilih bagi para pendaki khususnya untuk pemula. Bagi kamu yang baru pertama kali naik gunung sebaiknya pilih jalur Selo. Jalur pendakian Kopeng/Thekelen (2) adalah jalur pendakian dari Salatiga. Jalur yang satu ini terkenal lebih sulit dan ekstrim. Pada jalur ini kita akan bertemu dengan jalan yang curam sehingga bisa dibilang jalur setan. Jalur pendakian Wekas (3) adalah jalur pendakian dari Magelang. Jalur ini terkenal juga sebagai jalur yang ekstrim seperti jalur Kopeng namun pemandangannya juga sama luar biasa indah. Namun dari ketiga jalur tersebut jalur Selo-lah yang memiliki pemandangan lebih indah karena pada jalur Selo tersebut kita akan mendapati banyak spot seperti sabana rumput menjulang.

google earth peta gunung merbabu jalur pendakian

Klik link di bawah untuk membuka artikel tentang masing-masing jalur pendakian:
(1) Jalur Selo dari Magelang/Boyolali
(2) Jalur Kopeng dari Salatiga
(3) Jalur Wekas dari Magelang
(4) Jalur Suwanting dari Magelang

GAMBARAN SINGKAT JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU

HUTAN DI MERBABU
 
Pada masing-masing jalur kita akan disuguhi oleh pemandangan alam berupa hutan.

BUKIT BUKIT DI GUNUNG MERBABU
 
Hutan terlewati, setelah itu kita akan bertemu dengan bukit-bukit. Jadi sudah tidak ada pohon-pohon tinggi lagi. Tinggal bukit luas menanjak.

TANJAKKAN DI GUNUNG MERBABU (1 of 1)
 
Lalu kita juga akan bertemu dengan trek menanjak. Ada yang menanjak kecil, sedang, ada pula yang ekstrim. Tapi santai aja semuanya pasti bisa dilewatin.

SABANA DI GUNUNG MERBABU (1 of 1)
 
Bingo! kita juga bakal dikasih trek jalan datar lurus dengan pemandangan kanan kiri seperti di gambar. Kalo para pendaki bilang ini trek “bonus”.

PADANG RUMPUT DI GUNUNG MERBABU (1 of 1)
 
Lelah? santai aja di Merbabu kita bebas tidur-tiduran tapi jangan sampai jauh dari kelompok atau jangan sampai terjun yaa.. gambar di atas salah satu penampakkan padang rumput di gunung Merbabu.

MALAM HARI DI GUNUNG MERBABU (1 of 1)
 
Jika kita memulai pendakian pagi hari atau siang maka tentunya kita harus mendirikan tenda dan bermalam di tengah-tengah perjalanan. Nah, gambar di atas salah satu penampakkan malam hari di salah satu pos untuk bertenda. Yang perlu kita perhatikan yaitu kondisi tubuh kita sendiri. Kalau malam gunung Merbabu terkenal cukup dingin di banding gunung-gunung lain. Oleh karena itu bawalah pakaian yang hangat dan perlengkapan lain tentunya diperhatikan juga. Nah, yang paling enak kita bisa bikin api unggun saat malam.

SUNRISE DI GUNUNG MERBABU (1 of 1)
 
Ini dia pecahan sunrise yang cantik dari gunung Merbabu. Nggak bakal rugi deh.

PUNCAK GUNUNG MERBABU (1 of 1)
 
Finally. Semuanya akan terbayar lunas bahkan dapat kembalian deh saat kita berhasil menginjakkan kaki di puncak gunung Merbabu.

Nah, gimana apakah kamu tertarik untuk naik gunung Merbabu? Persiapkanlah fisik terlebih dahulu sebelumnya minimal 1 minggu sebelum keberangkatan. Persiapkan kelompok untuk naik gunung. Rekomendasi 5-8 orang jika ingin enak, karena akan gampang saling mengatur dan sebagainya. Jika kekurangan personel sebaiknya paling minimal 3 orang (salah satunya harus sudah pernah naik gunung). Nah jika mau beramai-ramai usahakan di bawah 20 orang dan diwajibkan kelompoknya bisa menjaga kebersihan gunung dan menaati peraturan yang ada.

Persiapkan pula peralatan naik gunungnya. Jangan sepelekan keselamatan atau safety. Gunakan sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa pula jas hujan untuk jaga-jaga kalau-kalau turun hujan. Dan yang terpenting bawa konsumsi secukupnya jangan terlalu sedikit maupun terlalu banyak. Rata-rata waktu yang diperlukan dalam pendakian gunung Merbabu yakni 1-1,5 hari.

TIPS PENDAKIAN
  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Merbabu kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.
INFORMASI GUNUNG MERBABU
Nama: Gunung Merbabu
Ketinggian: 3.142 m (10.630 kaki)
Lokasi: Magelang (barat), Semarang (utara), Boyolali (timur) , Salatiga (Selatan), Jawa Tengah
Letusan terakhir: 1560 dan 1797
 
Pengelola: Taman Nasional Gunung Merbabu
Alamat: Jl. Merbabu no.136 Boyolali, Jawa Tengah – Indonesia
Website: http://merbabunationalpark.org
email : info[at]merbabunationalpark.org
 
Spot alam: Hutan, Sabana, Bukit,
Sumber air: Ada di jalur Wekas (Pos 2)

Flora: Pinus merkusii, Puspa, Akasia, Soro, Cemara gunung, Edelweis jawa

Fauna: elang jawa, elang hitam, alap-alap sapi, elang-ular bido, ayam hutan, tekukur, gelatik batu, kijang, landak, musang luwak, monyet ekor-panjang, dan lain-lain.

Hutan: Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung

Jalur pendakian:
  • Selo (dari Boyolali)
  • Kopeng (dari Salatiga)
  • Wekas (dari Magelang)
Puncak: puncak Syarif 3.119 mdpl, Puncak Kenteng Songo/Tianggulasi 3.142 mdpl
Puncak lain: Watugubuk, Watutulis, Gegersapi, Ondorante
Kawah: Candradimuko, kombang, rebab, Kendang, Sambernyowo
View gunung lain dari puncak: Gn. Merapi, Sumbing, Sindoro, Telomoyo, Ungaran, Lawu
Tarif daki: Rp 10.000/orang/hari (Jan 2015)

Mitos: Kerajan Jawa sangat besar terkubur di dalam Gunung Merapi dan gunung Merbabu yang berkaitan dengan kerajaan Mataram Kuno

Kismis (kisah misteri): Di gunung Merbabu ada yang namanya Pasar Setan konon adalah tempat jual-beli-nya makhluk halus

TRANSPORTASI
Untuk ke Selo dari Semarang-Solo
1. Bus Jurusan Semarang-Solo turun di kota Boyolali.
2. Bus kecil dari Pasar Sapi Boyolali ke Selo.
3. Bus kecil dari Pasar Cepogo ke Selo.

Untuk ke Selo lewat Magelang
1. Bus jurusan Yogya – Semarang turun di Blabak (sebelum kota Magelang)
2. Angkot ke desa Sawangan disambung mobil bak sayuran ke jurusan Klakah, sambung lagi mobil sayuran ke Selo. Ada juga bus kecil jurusan magelang ke Boyolali turun di Selo.

( Tidak disarankan lewat Magelang bila hendak menggunakan kendaraan umum kecuali carter mobil )

Untuk ke Selo dari Yogya-Solo
1. Bus jurusan Yogya-Solo turun di kota Kartasura.
2. Bus jurusan Solo-Semarang turun di terminal Boyolali.
3. Bus Kecil dari Pasar Sapi Boyolali ke Cepogo/Selo
4. Bus kecil dari Pasar Cepogo ke Selo.

Referensi: http://www.merbabu.com
Share this article :

0 komentar:

PESAN, KESAN, KRITIK, SARAN, KELUHAN DAN TESTIMONI

Jangan Lupa Like Explore Adventure dan Jangan Lupa Cantumkan Link hidup dan informasi Contact Person atau apapun yang membuat kami bisa mengenali anda ^_^ Barangkali kami baru ada program bagi bagi hadiah ^_^

Translate Language















Bantuan Kliknya Ya

Follow Me

Informasi Lowongan Kerja

Rekening Resmi Kami



Bank BNI Syariah
Nomor Rekening : 040 043 234 5
Atas Nama : Syarifain Ghafur

Kode ATM Bersama : 009

Nomor Rekening ATM Bersama
009 040 043 234 5

Jumlah Pengunjung

Traffict On Line

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template