Clorot, Jajanan Kuno Asli Milik Purworejo

 Clorot, Jajanan Kuno Asli Milik Purworejo

Clorot adalah nama jajanan khas dan asli Purworejo. Jajanan ini termasuk makanan yang cukup unik penyajian dan pengemasannya. Proses pembuatannya pun bisa dibilang tidak mudah untuk ditiru.
Clorot terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah. Dalam proses memasaknya, dibutuhkan keahlian, ketelatenan dan keterampilan yang mumpuni. Kare adonan tersebut di masukan dalan sebuah wadah dari daun kelapa muda ( janur kuning ) yang di pilin melingkar membentuk  kerucut. Baru kemudian dikukus.

Cara memakannya pun cukup unik. Clorot yang siap disajikan harus didorong dari bagian bawah janur wadah clorot. Sehingga sedikit demi sedikit clorot bisa dimakan tanpa harus membongkar panjangnya janur yang membungkus clorot.

Pada jaman sekarang ini, hanya di pasar-pasar tradisonal tertentu kita dapat menjumpai clorot. Itupun kita harus pagi-pagi berangkat ke pasar agak tidak kehabisan. Mengingat semakin sedikit orang yang mampu dan mahir membuat clorot, meskipun masih banyak yang menyukai jajanan ini. Jajanan Clorot ini masih mudah ditemui di daerah kecamatan Grabag, kabupaten Purworejo.
Semoga clorot bisa semakin dilestarikan dan tidak segera punah akibat tergerus oleh model-model jajanan instan modern.
Jangan lupa jika mampir atau berkunjung ke Purworejo, harus mencicipi dan membawa pulang Clorot! Agar Clorot bisa lestari dan dikenal oleh banyak orang!
---------------------------------------
Ingin tahu lebih banyak lagi seputar wisata dan kuliner di karesidenan Kedu? Ikuti terus ulasan Wisata Kedu di www.taraveela.com dan juga Ikuti terus fan page Wisata Kedu! Dijamin keren!

Salam hangat dari tanah Kedu!

1 komentar:

Pages