Bedug Terbesar di Dunia

 Bedug Terbesar di Dunia

Bedug Pendowo adalah bedug terbesar di dunia. Bedug ini terletak di Masjid Agung Purworejo, Kabupaten Purworejo, tepatnya di sebelah barat Alun-alun Purworejo.
Bedug ini dikatakan sebagai yang terbesar karena terbuat hanya dari satu gelondong kayu jati. Dan kayu jati tersebut berasal dari desa Pendowo, sebuah desa di bagian selatan wilayah kabupaten Purworejo. Bedug ini memiliki diameter 1,94 meter dan panjang 2,52 meter.

Bedug Pendowo dibuat pada masa pemerintahan bupati pertama Purworejo, R. Cokronegoro I pada tahun 1832 - 1840. Dengan begitu, hingga sekarang, bedug ini sudah berumur 175 tahun.

Pada masa liburan, Bedug Pendowo ramai dikunjungi wisatawan, mengingat posisi strategis masjid Agung Purworejo sebagai tempat transit di jalur selatan Jawa Tengah.

Ayo berwisata ke daerah karesidenan Kedu! Wonosobo yang asri, Temanggung yang selalu bersenyum, Magelang dengan sejuta bunganya, Kebumen yang selalu beriman, dan Purworejo yang tetap berirama.


-----------------------------------------------------------------------
Ingin tau lebih banyak lagi tentang wisata dan info menarik seputar wilayah eks Karesidenan Kedu? Ikuti terus www.taraveela.com dan like fan page #WisataKedu di Facebook!
Salam hangat dari tanah Kedu!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages