Pagar Portabel di Malioboro


PAGAR PORTABEL DI MALIOBORO UNTUK CEGAH PEJALAN KAKI MENYEBERANG SEMBARANGAN

Pemandangan berbeda terlihat di sepanjang jalan Malioboro, Jumat (25/12/2015).
Pagar portabel setinggi satu setengah meter dan berwarna oranye terpasang rapi sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer dari ujung utara kawasan Malioboro hingga selatan.
Kepala UPT Malioboro, Syarif Teguh, menerangkan pemasangan pagar portabel itu bertujuan untuk mengarahkan pengunjung Malioboro menyeberang di zebra cross.
Pemakaian bahu jalan, Syarif menambahkan, untuk parkir kendaraan dan lokasi berjualan juga menjadi alasan pemasangan pagar portabel tersebut.
"Yang pertama kita melihat Malioboro-kan sebagai icon Yogya, terus ke depan akan ada penataan-penataan lain," ujarnya.
Momentum musim libur panjang kali ini memang dipilih oleh UPT Malioboro untuk menempatkan pagar portabel. Syarif berharap dengan adanya pagar potabel dapat mendukung konsep pedestrian Malioboro yang saat ini sedang berjalan.
Jadi, ia mengatakan pagar portabel itu akan dipasang seterusnya. Selain melakukan pemasangan pagar portabel, UPT Malioboro juga melakukan penempatan tempat sampah baru di beberapa titik.
Syarif mengatakan pihaknya telah menyiapakan dua toilet portabel yang ditujukan untuk pengungjung Malioboro.
"Kami masih mencari lokasi yang tepat (untuk menempatkan toilet portabel)," tambahnya.
Kasat Lantas Polresta Yogyakarata, Kompol Sugiyanta menilai pemasangan pagar di sepanjang jalan Malioboro dapat mengurangi potensi kemacetan di kawasan wisata itu.
Sebab selama ini, ia menerangkan, banyak penjalan kaki yang berjalan di badan jalan. Keberadaan pejalan kaki itu membuat arus lalu lintas tersendat.
"Dengan adanya pagar pembatas, minimal juga orang tidak menyeberang sembarangan. Menyebrang di zebra cross," terangnya. 
Sumber ; Tribun Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages