Bianglala Tertinggi di Indonesia


TERNYATA BIANGLALA TERTINGGI DI INDONESIA 
ADA DI SLEMAN

Semakin tinggi, semakin seru sensasi yang dirasakan saat naik bianglala. Di Indonesia, yang tertinggi ternyata ada di Sleman, Yogyakarta.

Di dalam taman rekreasi Sindu Kusuma Edupark, ada bianglala bernama Cakra Manggilingan. Inilah yang tertinggi di Indonesia.

Selama ini bianglala yang tertinggi dikenal ada di Sentul, tepatnya di Jungleland. Memang benar, sebelum Sindu Kusuma Eedupark dibuka pada akhir tahun 2014, pemilik bianglala tertinggi di Indonesia masih Jungleland.

Di mana, tinggi bianglala yang ada di Sentul ini setinggi 45 meter. Sedangkan Cakra Manggilingan 5 meter lebih tinggi dari yang ada di sentul.

"Tingginya 50 meter. Kami namakan Cakra Manggilingan," ujar Prima, staf marketing Sindu Kusuma Edupark kepada detikTravel di Sindu Kusuma Edupark, Jalan Magelang, Sinduadi, Mlati, Sleman, Rabu (18/11/2015).

Ketika berada di posisi tertinggi, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Yogyakarta dan Gunung Merapi di sisi utara.

Bianglala ini kerangkanya bercat putih dan 28 kabinnya berwarna kuning. Kerangka penyangganya terletak di tengah kolam yang memiliki beberapa air mancur. Sekali putaran wahana ini membutuhkan waktu sekitar 7 menit.

Dinamakan Cakra Manggilingan karena wahana ini bak cakram raksasa yang terus berputar seolah menggiling. Semua wahana di arena ini memang dinamai dengan bahasa Jawa, seperti Segway bernama Pit Egrang dan Mini Rotary Cup Cakes bernama Roti Puter.

"Pertama kali beroperasi pada Desember 2014," imbuhnya menjelaskan sejarah operasional Cakra Manggilingan.

Wahana ini menjadi ikon yang paling menarik perhatian pengunjung. Untuk bisa menikmati wahana Cakra Manggilingan, pengunjung dikenakan biaya Rp 20 ribu yang sudah di-top up sebelumnya dalam sebuah kartu ske plus. Sedangkan untuk masuk ke arena permainan Sindu Kusuma Edupark, pengunjung harus membayar Rp 15 ribu.

Untuk pengunjung yang masih berusia di bawah 3 tahun, atau tinggi badannya di bawah 85 cm tak dikenakan biaya sama sekali. Begitu juga dengan pengunjung lansia, yakni di atas 65 tahun juga digratiskan.

"Tapi jika ada riwayat penyakit tertentu seperti asma, atau jantung, tidak boleh," kata Prima.

Arena bermain ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 WIB-22.00 WIB untuk hari kerja. Dan pukul 10.00 WIB-22.00 WIB di hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional.

Sumber/ilustrasi ; Detik travel, Facebook.com/Sindu-Kusuma-Edupark
JOGJA GUMREGAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages