Artikel Terbaru :

GUIDE NAIK GUNUNG # MERBABU # LAWU # PRAU # SEMERU # DST # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu penyedia jasa layanan pemandu dan event organizer naik Gunung di Pulau Jawa. Kami juga menyediakan beberapa jadwal pendakian yang bisa diakses dan diakses dalam website ini. Gunung yang sering kami kunjungi diantaranya Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Lawu, dan lainnya.

GUA PINDUL # RAFTING OYA # OFFROAD # GUA INDAH # GUA SI OYOT # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu agen resmi reservasi Gua Pindul, Rafting Oya dan Off Road. Keuntungan reservasi melalui kami ialah mendapatkan penawaran terbaik dari kami dan tanpa antri. #Pemandu Lokal #Transport Lokal 'PAJERO' #Ban #Pelampung #Asuransi #Wedang Pindul #Toilet Banyak #Parkiran Luas

TELAGA WARNA # KAWAH SIKIDANG # GUNUNG SIKUNIR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Dieng Plateau mempunyai potensi alam yang luar biasa indahnya sehingga sangat kami sarankan untuk mengunjunginya. Selain Telaga Warna, Kawah Sikidang dan Candi Arjuna dalam beberapa bulan terakhir baru booming Gunung Sikunir dan Gunung Prau

RESTO INDRAYANTI # MALIOBORO # PRAMBANAN # BOROUBUDUR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Resto Indrayanti merupakan obyek wisata baru yang sekarang menjadi tujuan wisata di Yogyakarta. Malioboro menjadi tujuan akhir wisata belanja. Mari yang berminat mengunjungi segera menghubungi admin.

AVANZA # INNOVA # ELF # ELF LONG # HIACE # BIG & MICRO BUS # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami mempunyai berbagai macam armada dengan harga bersahabat. Kami menyarankan bagi calon wisatawan apabila hendak mencari armada untuk liburan direncanakan jauh jauh hari guna mendapatkan pelayanan yang terbaik dari kami.

Home » » Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta

Written By Syarifain Ghafur on Sabtu, 24 Agustus 2013 | 11.34

Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta sebelah depan
Keraton Kasunanan Surakarta sebelah depan
Keraton Kasunanan Surakarta atau yang lebih dikenal juga dengan Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan kerajaan yang berada di surakarta, Jawa Tengah. Keraton Kasunanan Surakarta berdiri pada tahun 1755, Keraton Kasunanan sendiri berdiri karena adanya sebuah perjanjian Giyanti antara Kesultanan Mataram Islam dengan Pihak VOC, perjanjian tersebut terjadi pada 13 Februari 1755, dalam perjanjian tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa Kesultanan Mataram dibagi menjadi 2 Wilayah kekuasaan, Yaitu kesunanan Surakarta dan Juga Kesultanan Yogyakarta.
Keraton Kasunanan Surakarta memang tidak terlalu dikenal dibanding dengan Keraton Yogyakarta, yang disebabkan bahwa Kasunanan Surakarta yang waktu itu diperintah Oleh Paku Buwono III pernah menjadi Antek VOC, sedang Keraton Yogyakarta merupakan Penentang penjajah VOC.
Sejarah Berdirinya Kesunanan Surakarta
Kesultanan Mataram merupakan sebuah kerajaan yang beribukota di Kotagede merupakan sebuah kerajaan islam yang berdiri pada abad ke 17, raja pertama yaitu sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati, sedang raja mataram yang terkenal adalah sultan agung, setelah sultan agung wafat digantikan oleh putranya yang bergelar Amangkurat I, pada pemerintahan Amangkurat I terjadi pemberontakan besar yang dipimpin oleh Trunojoyo.
Setelah Amangkurat I wafat, diganti oleh Amangkurat II, pada pemerintahan Tersebut pusat pemerintahan dipindah ke Kartosuro, karena keraton pertama telah tercemar dengan pemberontakan Trunojoyo.pada masa pemerintahan Pakubuwono III terjadi sebuah perjanjian Giyanti yang terjadi pada 13 februari 1755,dikarenakan mataram memiliki dua raja,dalam perjanjian tersebut wilayah mataram dibagi menjadi 2 kerajaan yaitu: Kasunanan Surakarta dan Kesultanan yogyakarta.(Wisata Indonesia)
Keraton Kasunanan Surakarta (2)
Lokasi Keraton Kasunanan Surakarta
Keraton Kasunanan Surakarta berdiri di kelurahan Baluwarti ,Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah, yang bersebelahan dengan lokasi pasar Klewer, serta mesjid Ageng Keraton Surakarta Hadiningrat.
Tiket Masuk Keraton Kasunanan Surakarta
Saat kami mengunjungi Lokasi Keraton Kasunanan Surakarta, Tiket Masuk untuk bisa melihat secara langsung bukti sejarah keraton Surakarta berbeda beda, Untuk Wisatawan Mancanegara Rp.15.000, Perseorangan Rp.10.000 , Rombongan Dewasa >40 orang Rp 8.000 , Rombongan Taman Kanak Kanak Rp 5.000 , dan untuk bisa membawa kamera pengunjung juga harus membayar sebesar Rp.2.000.
Rute Menuju Keraton Kasunanan Sukarta
Untuk bisa menuju ke Keraton Kasunanan Surakarta, bila anda datang dari arah Yogyakarta anda bisa langsung lurus hingga melewati jalan Slamet Riyadi dan anda akan menjumpai Sebuah Monumen Slamet Riyadi, anda bisa langsung belok kanan, maka akan sampai di sekitaran Keraton Kasunanan Surakarta.
Alamat Keraton Kasunanan Surakarta
Jl Mangkubumen Sasono Mulyo, Solo Kota,  Jawa Tengah.
————————————————-
Foto: Team Erawisata. Achmad . Blog Ceria Hati
Sumber Artikel: Keratonsurakarta.com
Share this article :

0 komentar:

PESAN, KESAN, KRITIK, SARAN, KELUHAN DAN TESTIMONI

Jangan Lupa Like Explore Adventure dan Jangan Lupa Cantumkan Link hidup dan informasi Contact Person atau apapun yang membuat kami bisa mengenali anda ^_^ Barangkali kami baru ada program bagi bagi hadiah ^_^

Translate Language















Bantuan Kliknya Ya

Follow Me

Informasi Lowongan Kerja

Rekening Resmi Kami



Bank BNI Syariah
Nomor Rekening : 040 043 234 5
Atas Nama : Syarifain Ghafur

Kode ATM Bersama : 009

Nomor Rekening ATM Bersama
009 040 043 234 5

Jumlah Pengunjung

Traffict On Line

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template