Artikel Terbaru :

GUIDE NAIK GUNUNG # MERBABU # LAWU # PRAU # SEMERU # DST # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu penyedia jasa layanan pemandu dan event organizer naik Gunung di Pulau Jawa. Kami juga menyediakan beberapa jadwal pendakian yang bisa diakses dan diakses dalam website ini. Gunung yang sering kami kunjungi diantaranya Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Lawu, dan lainnya.

GUA PINDUL # RAFTING OYA # OFFROAD # GUA INDAH # GUA SI OYOT # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu agen resmi reservasi Gua Pindul, Rafting Oya dan Off Road. Keuntungan reservasi melalui kami ialah mendapatkan penawaran terbaik dari kami dan tanpa antri. #Pemandu Lokal #Transport Lokal 'PAJERO' #Ban #Pelampung #Asuransi #Wedang Pindul #Toilet Banyak #Parkiran Luas

TELAGA WARNA # KAWAH SIKIDANG # GUNUNG SIKUNIR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Dieng Plateau mempunyai potensi alam yang luar biasa indahnya sehingga sangat kami sarankan untuk mengunjunginya. Selain Telaga Warna, Kawah Sikidang dan Candi Arjuna dalam beberapa bulan terakhir baru booming Gunung Sikunir dan Gunung Prau

RESTO INDRAYANTI # MALIOBORO # PRAMBANAN # BOROUBUDUR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Resto Indrayanti merupakan obyek wisata baru yang sekarang menjadi tujuan wisata di Yogyakarta. Malioboro menjadi tujuan akhir wisata belanja. Mari yang berminat mengunjungi segera menghubungi admin.

AVANZA # INNOVA # ELF # ELF LONG # HIACE # BIG & MICRO BUS # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami mempunyai berbagai macam armada dengan harga bersahabat. Kami menyarankan bagi calon wisatawan apabila hendak mencari armada untuk liburan direncanakan jauh jauh hari guna mendapatkan pelayanan yang terbaik dari kami.

Home » , » KBBI Offline 1.5 mendukung pencarian dengan Regular Expression

KBBI Offline 1.5 mendukung pencarian dengan Regular Expression

Written By Syarifain Ghafur on Kamis, 29 Agustus 2013 | 13.11

Baru, KBBI Offline 1.5 mendukung pencarian dengan Regular Expression

kbbi-logo 

KBBI versi luar jaringan (luring) atau offline versi 1.5 saat ini kembali dirilis. Kali ini terdapat tambahan fitur yang bermanfaat untuk mencari kata dengan pola tertentu (diistilahkan dengan Regular Expressions atau Regex). Selain itu ditambahkan pula beberapa fitur dan perbaikan dari versi sebelumnya. Silahkan ikuti ulasan berikut mengenai apa itu Regex.

Didalam dunia programming, web developer, pencarian di database, dan sejenisnya, biasanya Regular Expressions sudah tidak asing lagi. Teknik ini banyak digunakan untuk pencarian kata (text atau string) dengan pola-pola tertentu. Mulai versi 1.5, KBBI Offline mendukung pencarian dengan Regex ini. Caranya tinggal memilih ‘RegEx’ di pilihan lema dan tulisan pola kata yang ingin dicari, kemudian tekan Enter atak klik tombol Cari.

kbbi-offline-1.5

Mengenal Regular Expressions (RegEx)

Pembahasan lengkap tentang Regex ini tidak akan saya bahas di tulisan ini. Hanya beberapa pola yang saya jelaskan, terutama penggunaannya di KBBI Offline ini. Ketika memilih pencarian dengan Regex, ada beberapa huruf (karakter) khusus yang mempunyai fungsi tertentu, yaitu: .*?+[{|()^$\. Ketika mencari dengan menyertakan satu atau lebih huruf tersebut, berarti pencarian menggunakan pola tertentu. Beberapa fungsi huruf khusus yang cukup bermanfaat di KBBI Offline antara lain:
Huruf Penjelasan
. Mencari sembarang satu huruf. Misal aba.. akan ditemukan didalam kata: abadi, abadiah, abaimana,abaika dst
+ Mencari huruf sebelumnya atau ditambah dengan sembarang kata/huruf setelahnya. Misalnya aca+ maka akan dicari semua kata yang awalannya aca, misal : acah, acala, acang dst.
{n}
{n,m}
Mengulangi huruf sebelumnya sebanyak n sampai m kali. Jika tanpa m, maka huruf sebelumnya diulangi sebanyak n kali. Misalnya ma{2}f akan menemukan kata maaf, karena huruf a diulang sebanyak 2 kali (a{2}).
[...] Mencari salah satu huruf yang ada didalam tanda kurung siku
[^...] Mencari yang tidak ada hurufnya didalam kurung siku
^ Mencari dari awal kata/text (mengawali text)
$ Mencari tepat di akhir (mengakhiri text). Jika digabungkan dengan tanda ^ di bagian awal, maka akan mencari tepat kata. Misalnya ^aba..$ akan mencari kata yang diawali ‘aba’ ditambah dengan tepat dua huruf setelahnya (abadi, abaka, abang).

Kalau hanya deskripsi fungsi diatas mungkin kurang jelas dan banyak yang masih bingung bagaimana cara menggunakannya. Untuk lebih mempermudah, beriku beberapa contoh penggunaan Regex di KBBI Offline untuk mencari kata-kata tertentu :
  • ter.m..l akan mencari kata yang memuat tulisan ‘ter’, sembarang satu huruf (tanda .), diikuti huruf ‘m’, diikuti lagi sembarang 2 huruf (tanda ..) dan diikuti huruf ‘l’. Sehingga ditemukan kata: terampil, terombol
  • ^per.m.+ akan mencari kata yang diawali per (karena ada tanda ^ sebelum per), diikuti satu huruf (tanda .), diikuti lagi huruf ‘m’, diikuti sembarang huruf sebanyak-banyakknya ( . = sembarang huruf dan tanda + berarti sembarang huruf tersebut boleh ada sebanyak-banyaknya). Sehingga akan ditemukan kata semisal : perambut, perempuan, perimbas, perimeter dsb.
  • ^ka.+sasi$ mencari kata yang diawali ka, diikuti sembarang huruf (tanda .) yang boleh ada sebanyak-banyaknya, kemudian diikuti ‘sasi’. tanda $ berarti tidak ada huruf lagi setelah ‘sasi’ (sasi adalah text terakhir). Sehingga ditemukan kata semisal: kaderisasi, kanalisasi, katalisasi dsb.
  • ^se.{3}ing$ akan mencari kata yang diawali ‘se’ (ada tanda ^ sebelumnya), diikuti sembarang huruf (tanda .) yang diulang 3 kali ( {3} berarti huruf harus ada sebanyak 3 kali, karena huruf sebelumnya adalah tanda . berarti sembarang huruf ada 3) kemudian diikuti ‘ing’ dan setelah ‘ing’ tidak boleh ada huruf lagi (karena ada tanda $). Sehingga ditemukan : sekering, sepeling, seruling, dsb.
  • ^se.{1,4}ing$ sedikit modifikasi dari pola sebelumnya, perbedaannya disini diantara ‘se’ dan ‘ing’ boleh ada sembarang huruf sebanyak 1 sampai 4 kali. Sehingga ditemukan kata semisal : sekring, selanting, seling, semunding, dsb
  • ^l[ae]mp[aiueo]{2}$ mencari kata yang diawali huruf ‘l’ diikuti huruf ‘a’ atau ‘e’(tanda [ae]), diikuti huruf ‘mp’, diakhiri huruf a/i/u/e/o (tanda [aiueo]) sebanyak 2 kali (tanda $). Sehingga ditemukan kata : lampai, lampau, lempai
Mungkin beberapa contoh diatas cukup untuk mewakili contoh penggunaan Regular Expression untuk pencarian kata didalam KBBI Offline 1.5 ini, semoga tidal membuat bingung :) (meskipun wajar saja jika masih bingung, karena ketika awal menggunakan regex saya pun juga tidak mudah mengikuti pola-pola tersebuh). Diatas hanya sebagian kecil saja penggunaan regex, masih sangat banyak pola lain yang bisa dikembangkan, dan huruf khusus atau penanda pola untuk regex juga masih banyak. Selengkapnya bisa membaca beberapa referensi disini : Regex reference atau di regular-expression.info.

Selanjutnya apa saja perubahan di versi 1.5 dibanding dengan versi sebelumnya? Berikut selengkapnya:
  • * Perbaikan error ketika klik bagian kosong kata utama/tambahan
  • * Perbaikan setting ‘Tepat sama’ di pencarian arti
  • * Perbaikan hasil pencarian arti yang sebelumnya huruf kecil semua
  • + Penambahan informasi tooltip menu/button
  • + Menu informasi singkatan yg lebih informatif
  • + Pencarian kata dengan Regular Expression
  • + Menampilkan kata acak (button ‘Rnd’ atau Ctrl+R)
Seperti biasa, KBBI Offline adalah freeware dan juga open source. yang ingin menggunakan langsung, silahkan download KBBI Offline 1.5 installer atau KBBI Offline 1.5 Portable. Source kode bisa dilihat di Google Code KBBI Offline dan yang ingin memberikan donasi silahkan melihat halaman about me. Semoga bermanfaat.

sumber : http://ebsoft.web.id/baru-kbbi-offline-1-5-mendukung-pencarian-dengan-regular-expression

# Kolom Iklan #

kami cikarsya solution juga menyediakan layanan :
  1. paket wisata Yogyakarta "Gua Pindul, Rafting Oya dan Lainnya", Karimun Jawa "Jepara",
  2.  tempat pembuatan jaket, kaos dan kemeja komunitas, organisasi maupun instansi
  3. Les dan Privat SD, SMP hingga SMA sederajat khusus Daerah Istimewa Yogyakarta "DIY"
  4. pemesanan Cover Motor "VerMot" Nasional
  5. Merchandise Pernikahan Yang Murah Meriah
  6. Percetakan Kalender, Brosur, Pamflet, Leaflet dan Banner yang Murah.
  7. Paket Outbond Yang Murah, Meriah dan Menantang
  8. Paket Wisata Adventure "Pendakian dan Penelusuran Gua"
  9. Penyewaan Alat Pendakian dan Adventure 
Informasi lebih lanjut hubungi 089671454046

Gang Sahabat Sunten RT 08/32 Banguntapan Bantul Yogyakarta 55198


 http://cikarsya.blogspot.com "Blog Resmi Swalayan Cikarsya Solution"

http://jajan-wae.blogspot.com "Blog Resmi Canefa Snack and Catering"

http://order-wisata.blogspot.com "Blog Resmi Ma Wi Tour and Travel"

http://pusat-order.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Jaket, Kaos dan Kemeja"

http://order-merchadise.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Merchandise"


Catatan Mohon Untuk di Cermati : 

Untuk memastikan ketersediaan produk mohon untuk menghubungi nomor tersebut.

Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

dan anda juga bisa melakukan negosiasi jika merasa keberatan dengan harga yang kami berikan.

Jangan mengirimkan dana jika kita belum saling sepakat. 

Jika berkenan mohon untuk memberikan testimoni dengan mengunjungi :
http://cikarsya.blogspot.com/2012/12/testimoni.html
  

Cikarsya dot Blogspot dot com "http://cikarsya.blogspot.com" merupakan tempat belanja terbaikdan halal serta berkualitas.

sebuah layanan yang disediakan oleh cikarsya solution.

Sumber: http://order-wisata.blogspot.com/2013/08/sewa-mobil-yogyakarta.html#ixzz2dHY4ezuy
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook


Share this article :

0 komentar:

PESAN, KESAN, KRITIK, SARAN, KELUHAN DAN TESTIMONI

Jangan Lupa Like Explore Adventure dan Jangan Lupa Cantumkan Link hidup dan informasi Contact Person atau apapun yang membuat kami bisa mengenali anda ^_^ Barangkali kami baru ada program bagi bagi hadiah ^_^

Translate Language















Bantuan Kliknya Ya

Follow Me

Informasi Lowongan Kerja

Rekening Resmi Kami



Bank BNI Syariah
Nomor Rekening : 040 043 234 5
Atas Nama : Syarifain Ghafur

Kode ATM Bersama : 009

Nomor Rekening ATM Bersama
009 040 043 234 5

Jumlah Pengunjung

Traffict On Line

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template