Artikel Terbaru :

GUIDE NAIK GUNUNG # MERBABU # LAWU # PRAU # SEMERU # DST # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu penyedia jasa layanan pemandu dan event organizer naik Gunung di Pulau Jawa. Kami juga menyediakan beberapa jadwal pendakian yang bisa diakses dan diakses dalam website ini. Gunung yang sering kami kunjungi diantaranya Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Lawu, dan lainnya.

GUA PINDUL # RAFTING OYA # OFFROAD # GUA INDAH # GUA SI OYOT # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu agen resmi reservasi Gua Pindul, Rafting Oya dan Off Road. Keuntungan reservasi melalui kami ialah mendapatkan penawaran terbaik dari kami dan tanpa antri. #Pemandu Lokal #Transport Lokal 'PAJERO' #Ban #Pelampung #Asuransi #Wedang Pindul #Toilet Banyak #Parkiran Luas

TELAGA WARNA # KAWAH SIKIDANG # GUNUNG SIKUNIR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Dieng Plateau mempunyai potensi alam yang luar biasa indahnya sehingga sangat kami sarankan untuk mengunjunginya. Selain Telaga Warna, Kawah Sikidang dan Candi Arjuna dalam beberapa bulan terakhir baru booming Gunung Sikunir dan Gunung Prau

RESTO INDRAYANTI # MALIOBORO # PRAMBANAN # BOROUBUDUR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Resto Indrayanti merupakan obyek wisata baru yang sekarang menjadi tujuan wisata di Yogyakarta. Malioboro menjadi tujuan akhir wisata belanja. Mari yang berminat mengunjungi segera menghubungi admin.

AVANZA # INNOVA # ELF # ELF LONG # HIACE # BIG & MICRO BUS # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami mempunyai berbagai macam armada dengan harga bersahabat. Kami menyarankan bagi calon wisatawan apabila hendak mencari armada untuk liburan direncanakan jauh jauh hari guna mendapatkan pelayanan yang terbaik dari kami.

Home » » Inilah Porter Soe Hok Gie Dan Pendiri Desa Ranupani

Inilah Porter Soe Hok Gie Dan Pendiri Desa Ranupani

Written By Syarifain Ghafur on Minggu, 25 Agustus 2013 | 04.05

Inilah Porter Soe Hok Gie Dan Pendiri Desa Ranupani

Inilah Porter Soe Hok Gie dan pendiri Desa Ranupani yang sebaiknya Anda semua mengetahuinya atau bahkan mengenalnya. Selama ini kita mengetahui tentang sosok Soe Hok Gie, seorang aktivis mahasiswa yang meninggal di Gunung Semeru akibat menghirup asap beracun. Tetapi tahukah Anda bahwa porter yang mengevakuasi jenazahnya adalah Haji Amin.

www.belantaraindonesia.org

Selain terkenal sebagai aktivis dan demonstran, Soe Hok Gie juga adalah pendiri Mahasiswa Pecinta Alam ( Mapala ) UI. Ia meninggal di usia 26 tahun akibat menghirup asap beracun di Puncak Mahameru, Gunung Semeru. Tak banyak yang tahu, porter yang waktu itu bersama Soe Hok Gie dan ikut mengevakuasi jenazahnya masih hidup sampai saat ini.

Dialah Pak Kasimin, akrab disapa Haji Amin, yang kini berusia 91 tahun yang tinggal di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dan juga Haji Amin adalah satu - satunya pendiri Desa Ranupani yang masih hidup. Saat mendirikan desa ini, Indonesia masih dijajah oleh Belanda.

"Kala itu Desa Ranupani masih sangat sederhana. Belum ada aliran listrik, belum ada posko SAR, dan bangunan untuk pendaki hanya berupa gubuk beratap daun," tutur Haji Amin.

Kematian Soe Hok Gie terjadi pada 1969. Dia bersama seorang teman yaitu Idhan Dhanvantari Lubis, keduanya meninggal dunia tak jauh dari Puncak Mahameru karena keracunan gas. Haji Amin adalah salah satu penduduk desa yang membantu proses evakuasi kedua jenazah.

www.belantaraindonesia.org
Pak Kasimin Source Detik
"Waktu itu saya masih muda. Saya bisa turun naik Puncak Mahameru tiga kali sehari," ujarnya bersemangat. Garis - garis tua di wajahnya tidak menyurutkan semangatnya.

Jalur menuju Puncak Mahameru saat itu jauh lebih sulit ditempuh. Hutan masih lebat, jalur pendakian hanya berupa jalan setapak. Haji Amin mengangkat jenazah Soe Hok Gie sampai bawah, bergantian dengan warga lainnya. Di salah satu dinding rumahnya, terpampang piagam penghargaan yang diberikan oleh salah satu komunitas untuk mengenang jasa Haji Amin.

Rasanya akan menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa apabila Anda bisa bertemu dengan pendiri Desa Ranupani, sekaligus porter yang mengangkut jenazah aktivis Soe Hok Gie. Di usia yang renta itu, Haji Amin masih terlihat sehat. Nada suaranya menyiratkan semangat. src
Share this article :

0 komentar:

PESAN, KESAN, KRITIK, SARAN, KELUHAN DAN TESTIMONI

Jangan Lupa Like Explore Adventure dan Jangan Lupa Cantumkan Link hidup dan informasi Contact Person atau apapun yang membuat kami bisa mengenali anda ^_^ Barangkali kami baru ada program bagi bagi hadiah ^_^

Translate Language















Bantuan Kliknya Ya

Follow Me

Informasi Lowongan Kerja

Rekening Resmi Kami



Bank BNI Syariah
Nomor Rekening : 040 043 234 5
Atas Nama : Syarifain Ghafur

Kode ATM Bersama : 009

Nomor Rekening ATM Bersama
009 040 043 234 5

Jumlah Pengunjung

Traffict On Line

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template