Ibadah Sejalan dengan Akal - Porter Rinjani ExploreWisata.com Sang Pemimpi #WisataGunung #WisataReligi #WisataPendidikan
SUBTOTAL :

XPLOREWISATA.COM - XPLORENESIA.CO.ID - MITRASAHABAT - SYAGHACORP

Ibadah Sejalan dengan Akal

Ibadah Sejalan dengan Akal

Product Description

Ibadah Sejalan dengan Akal

Para ulama mengatakan, “al-‘aqlu manaathu at-takliif” akal adalah alasan yang menjadikan manusia dibebani kewajiban-kewajiban agama. Karena tanpa akal, manusia tidak akan mungkin mampu beribadah kepada Allah. Jika Allah tidak mengaruniakan akal kepada manusia, kemudian Allah memerintahkan manusia untuk beribadah kepada-Nya, niscaya hal itu akan termasuk bentuk pemberian beban yang tidak mungkin dapat dipikul.

Ibadah sangat sejalan dengan akal sehat. Orang yang memfungsikan akalnya dengan baik, ia akan tunduk kepada Allah dan mau beribadah kepada-Nya. Oleh karena itu, di dalam Al Qur`an, Allah sering mempertanyakan akal orang-orang kafir yang enggan mengabdikan diri mereka kepada Penciptanya. Allah kerap bertanya, “Tidakkah engkau berfikir? Tidakkah kalian berakal? Tidakkah mereka mengambil pelajaran?”

Allah juga sering mengabarkan, bahwa hanyalah orang-orang yang menggunakan akalnya, yang mampu mengambil pelajaran dari ayat-ayat-Nya. Perhatikan dengan baik ayat-ayat berikut,
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.” (QS. Ali Imran [3]: 190)

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ
“ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai akal.” (QS. Shaad [38]: 29)

Baca selengkapnya >> http://muslim.or.id/aqidah/ibadah-sejalan-dengan-akal.html

0 Reviews:

Post Your Review