I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

Candi Kimpulan Sleman

Candi Kimpulan Sleman

Candi Kimpulan (2)Candi Kimpulan pertama kali ditemukan di dusun kimpulan, Umbulmartani,Ngemplak, sleman, yogyakarta. Candi Kimpulan ditemukan pada Jum’at 11 Desember 2009 pada kedalaman 270 cm, dan berada bersebelahan dengan sungai Klanduan. kegiatan pemugaran candi Kimpulan pertama kali diresmikan Oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia “ir Jero Wacik SE,pada senin 17 oktober 2011.
Candi Kimpulan merupakan Candi yang mempunyai latar belakang agama Hindu pada zaman Kerajaan Mataram Kuno,Candi Kimpulan merupakan salah satu dari 10 Candi yang ditemukan terpendam, ada beberapa Candi di daerah Yogyakarta yang ditemukan terpendam diantaranya Candi Palgading,Candi Kadisuko,Candi Morangan,Candi Kedulan, Candi Klondangan, Candi sambisari,situs Payak, Candi gampingan, Situs Mantup, Candi tak bertangga.
Candi Kimpulan sewaktu ditemukan hanya berupa Arca Ganesha, yang berdekatan dengan Lingga Yoni.pada sebuah lempengan emas dan perak pada sebuah kotak peripih yang didalam Yoni memuat 3 baris sebuah tulisan huruf Jawa Kuno yang diketahui merupakan sebuah mantera dalam agama Hindu,yang diketahui digunakan pada abad IX M.(wisata Indonesia)
Candi Kimpulan diperkirakan terkubur bahan material dari Gunung merapi yang terbawa lewat sungai yang berada di sekitar Candi Kimpulan. meski terkena Lahar dingin dan terpendam sudah sangat lama namun Struktur Candi Kimpulan masih sangat Intaks. Berlatar agama Hindu,dengan adanya sebuah arca Ganesha tanpa Arca Agastya maupun Arca durga dan yang kedua adalah sebuah bangunan tanpa dinding bilik,sehingga arca tersebut diletakkan pada sebuah lantai, dan juga tanpa tangga masuk +115cm, Arca Nandi ,2 buah Lapik dan sebuah kotak batu. Apakah anda berminat Untuk melihat temuan Candi baru yang berada di lingkungan Universitas Islam Indonesia, Sleman, Yogyakarta .
Candi Kimpulan (3)
Rute Menuju Candi Kimpulan
Bila anda ingin mengunjungi Candi Kimpulan, bila anda dari kota yogyakarta anda bisa langsung menuju Jalan Kaliurang dan Lurus ke Utara menuju Universitas Islam Indonesia (UII) yang berada di Jalan Kaliurang Km 14.5 Sleman yogyakarta.
Alamat Candi Kimpulan Sleman Yogyakarta
Gedung H,GBPH Prabuningrat UII
Jl kaliurang Km 14.5 Sleman yogyakarta 55584
Kontak sms Center : 085 742 600 600
Email: Event@uii.ac.id
______________________________________
Foto Team Erawisata:  Kuswanto Blog: Wisata jogja
Sumber Artikel: Buku Harmoni pembangunan & pelestarian Candi Kimpulan Penerbit BP3 Yogyakarta

Posting Komentar

0 Komentar