I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

Setiap Hari Dengan Google Reader

Artikel Islami Terbaru Setiap Hari Dengan Google Reader

Bagi para penjelajah dunia maya wajib tahu tentang RSS. Teknologi RSS memungkinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Alhamdulillah sekarang sudah banyak bermunculan situs dan blog para ustadz dan penuntut ilmu agama yang berisi ilmu-ilmu Islam yang bermanfaat yang selalu ada artikel-artikel baru setiap harinya. Nah, dengan memanfaatkan RSS, kita tidak perlu mendatangi semua situs tersebut untuk mengecek artikel terbaru yang diterbitkan oleh situs-situs tersebut.

Memanfaatkan layanan RSS dari sebuah web sering diistilahkan dengan ‘berlangganan RSS’. Mungkin terbayang di benak anda, seperti berlangganan sebuah koran. Selain itu, kita juga membutuhkan satu piranti lagi yaitu pengumpul RSS atau dikenal dengan RSS Reader. Kita ibaratkan RSS Reader adalah kotak tempat pengantar koran menaruh koran yang kita langgani. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Dengan menggunakan RSS Reader ini kita bisa membaca info dari beberapa situs sekaligus dalam 1 halaman saja. Dengan teknologi ini, kita bisa menggunakannya untuk membaca artikel-artikel dari situs-situs Islami dengan lebih mudah dan selalu terupdate setiap hari.


Salah satu layanan RSS Feed gratisan adalah Google Reader. Saya suka layanan google karena khas dengan tampilan sederhana, AJAX dan fiturnya yang banyak. Juga pada Google Reader ini. Silakan login dengan account google anda pada alamat http://google.com/reader . Klik pada tulisan “Add Subscription” dan masukan alamat link RSS situs yang ingin dilanggani artikelnya. Misalnya untuk situs http://muslim.or.id ini memiliki alamat RSS http://muslim.or.id/feed (anda dapat meng-klik tombol bertuliskan “RSS”). Atau cara yang lebih mudah, akses situs http://muslim.or.id dengan Mozilla Firefox dan klik tombol bertuliskan “RSS”, lalu pilih Google Reader sebagai RSS Reader anda. Lakukan hal serupa untuk situs Islami yang lain. Hasilnya, dengan mengakses http://google.com/reader anda mendapatkan artikel-artikel Islami terbaru setiap harinya.


Hebatnya, info yang anda dapatkan dari beberapa situs tersebut secara otomatis disortir oleh Google Reader sehingga info yang muncul paling atas adalah info artikel yang paling segar dan baru. Selain itu anda juga bisa memberi rate pada setiap artikel untuk penanda dan pengingat jika suatu hari ingin dilihat kembali. Jika ingin memberitahu sebuah artikel pada teman, dapat dilakukan dengan meng-klik tombol “email” kita dapat mengirimkannya dengan account Google Mail yang kita miliki.

Pemanfaatan teknologi RSS ini tidak hanya untuk berlangganan artikel Islami saja, namun untuk semua info yang ada di internet. Setiap situs apa saja yang menyediakan RSS Feed dapat kita jaring infonya dengan Google Reader, semisal situs lowongan pekerjaan. Semoga bermanfaat.
Penulis: Yulian Purnama, S.Kom.
Artikel Muslim.Or.Id
==========
Silakan like FB fanspage Muslim.Or.Id dan follow twitter @muslimindo
==========

Posting Komentar

0 Komentar