Diprotes Umat Hindu, 'Angling Dharma' Stop Tayang

Rohmat - Okezone
okezone.com
'Angling Dharma'. (Foto: Ist)
DENPASAR - Umat Hindu Bali memprotes penayangan kembali Sinetron Angling Dharma, yang sebelumnya pernah diprotes pada 2002 silam. Sinetron ini pun akhirnya stop tayang.

Protes umat Hindu kepada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali, ditanggapi oleh stasiun televisi yang menayangkan sinetron Angling Dharma.

Umat Hindu menyesalkan ditayangkannya kembali sinetron Angling Dharma yang kisahnya dinilai banyak dibelokkan. Sehingga, setelah KPID Bali melayangkan protes ke Indosiar, akhirnya sinetron tersebut dihentikan.

Beberapa kalangan umat Hindu di Bali, kaget begitu melihat sinetron tersebut tayang ulang, tanpa merevisi bagian-bagian cerita yang sebelumnya dipermasalahkan. Merekapun menyampaikan sikap protesnya itu ke KPID Bali.

"Banyak komponen umat Hindu yang datang mulai LSM, PHDI Bali, tokoh masyarakat hingga Mahasiswa Hindu, mereka meminta agar tayangan Sinetron Angling Dharma dihentikan lantaran sudah keluar dari cerita Prabu Angling Darma," kata Ketua KPID Bali Komang Suarsana dihubungi wartawan di Denpasar, Minggu (27/03/2011).

Mendapat aduan itu, pihaknya langsung melakukan pengecekan dan benar menemukan sinetron yang sempat diprotes tahun 2002 lalu itu, kembali diputar oleh Indosiar, sekira pukul 24.00 WITA. Yang dipersoalkan adalah tayangan tersebut kembali tayang, tanpa merevisi cerita-cerita yang sebelumnya memicu protes besar-besaran, karena dinilai melecehkan simbol Hindu.

"Kami layangkan surat protes ke pihak Indosiar yang menayangkan sinetron tersebut, juga mengadukan ke KPI Pusat dan Menkoinfo.

“13 Maret lalu, KPI pusat memanggil Indosiar dan mengundang KPID Bali," katanya sembari menambahkan pertemuan juga dihadir Forum Mahasiswa Hindu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages