Hutan Wonosadi dan Gunung Gambar - Porter Rinjani ExploreWisata.com Sang Pemimpi #WisataGunung #WisataReligi #WisataPendidikan
SUBTOTAL :

XPLOREWISATA.COM - XPLORENESIA.CO.ID - MITRASAHABAT - SYAGHACORP

Hutan Wonosadi dan Gunung Gambar

Hutan Wonosadi dan Gunung Gambar

Product Description

oleh Amanah Grup pada 25 Oktober 2011 jam 12:38

Hutan Wonosadi dan Gunung Gambar Gunungkidul

Hutan Wonosadi dan Gunung Gambar merupakan dua obyek wisata alam yang letaknya berdekatan dan pada saat-saat tertentu secara bersamaan, masyarakat setempat melaksanakan upacara adat “SADRANAN” secara meriah.

Hutan Wonosadi merupakan hutan yang terletak di lereng perbukitan di Desa Beji Kecamatan Ngawen, sekitar 18 km dari Wonosari. Hutan yang kaya dengan pohon-pohon langka sampai saat ini masih sangat terjaga kelestariannya.

Gunung Gambar dengan ketinggian 200 mdpl, merupakan obyek wisata spiritual yang berada di Desa Jurangjero Kecamatan Ngawen. Dari puncaknya kita dapat menikmati keindahan Rawa Jombor di Klaten dan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri. Gunung Gambar merupakan tempat bertapa Raden Mas Said/Pangeran Sambar Nyowo selama berperang melawan Belanda. Di tempat ini, beliau duduk di atas batu (Watu Kong) yang sampai sekarang masih terlihat di Gunung Gambar, menyusun strategi untuk melawan Belanda, yang kemudian menjadi penguasa Mangkunegaran Surakarta dengan gelar KGPAA Mangkunegara I.

Kesenian yang menarik di daerah ini adalah kesenian “RINDING GUMBENG” yaitu kesenian dengan menggunakan alat musik dari bambu kecil dan sederhana, namun apabila dimainkan akan muncul suara musik yang bagus, enak didengar dan sangat khas.

Rimbunnya pohon-pohon di Hutan Wonosadi masih terjaga dengan adanya kearifan lokal masyarakat adat Wonosadi

Tiga pohon asem jawa yang usianya ratusan tahun.

sumber :

  1. http://my-gunungkidul.blogspot.com

· · Bagikan · Hapus

0 Reviews:

Post Your Review