Selamat Datang di Web Blog Resmi Cikarsya Production. Web Blog ini menyajikan berbagai macam informasi yang kami produksi. Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan untuk menghubungi 089671454046 ( pelayanan 24 jam ) atau email : cikarsya@gmail.com 082138322722 ( pada jam kerja ) atau 085643455685 ( pada jam kerja ) Harga Paket Wisata : 1. Gua Pindul dan Rafting Oya Rp. 70.000,00 2. Dieng Plateau Rp. 150.000,00 3. Pulau Dewata Bali Rp. 550.000,00 4. Gunung Bromo Rp. 300.000,00 5. Wisata Pacitan Rp. 150.000,00 dan lain sebagainya.
Cikarsya Production :
Home » , » Pengertian Dan Fungsi Motherboard

Pengertian Dan Fungsi Motherboard

Written By admin on Rabu, 09 Desember 2009 | 11.42


FUNGSI MOTHERBOARD


Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya.

Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.

Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.


Perkembangan Motherboard

Pada akhir tahun 1980-an dan selama dekade 1990-an, pasar prosesor untuk PC didominasi oleh Intel. Ada beberapa perusahaan prosesor untuk PC, tetapi pengaruh mereka kalah jauh dibanding Intel. Lagi pula rata-rata prosesor buatan mereka masih mengambil desain x86 buatan Intel juga.

Mulai akhir tahun 90-an dan awal tahun 2000, kondisi tersebut berubah. Pasar prosesor tidak lagi terlalu tergantung pada Intel, karena pesaing mereka, AMD, mengeluarkan prosesor K6-2 dan Athlon yang ternyata mampu bersaing dengan prosesor buatan Intel.

Dan di tahun itu pula sebuah industri penghasil chipset asal Taiwan, VIA Technologies, juga telah mampu membuat chipset yang berkualitas dan berharga murah. Para produsen motherboard tidak lagi tergantung pada Intel untuk merancang dan membuat motherboard mereka, sehingga perkembangan teknologi dan desain motherboard mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Selain itu, demam overclocking juga turut menyumbangkan peranan dalam perkembangan dunia motherboard. Para produsen motherboard berlomba-lomba mengeluarkan motherboard yang dirancang mampu memberikan tingkat overclock yang tinggi, tapi tetap mampu menjaga kestabilan sistem. Pokoknya, kalau ada motherboard yang tidak bisa digunakan untuk meng-overclock prosesor dan memori, maka hampir dapat dipastikan motherboard tersebut kurang laku di pasaran.

Berikut ini daftar produsen Motherboard :

ASUS

ABIT

ECS


GIGABYTE

MSI


Hardware computer adalah bagian fisik dari sebuah computer atau system peralatan yang digunakan untuk menjalankan fungsi computer. Perkembangan teknologi elektronik yang paling pesat dan banyak dipakai dibanyak bidang dalam menyelesaikan pekerjaan maupun untuk memperoleh informasi tidak lain adalah computer. Perkembangan computer ini diakibatkan oleh perkembangan mikroprosesor ( processor ) sebagai otak dalam menangani keseluruhan dari kerja computer.


Secara ringkas maka sistem computer terdiri atas tiga bagian penting yaitu :

1. CPU ( Central Processing Unit ) / Processor

2. Memory ( RAM dan ROM )

3. Input / Output


? Mother Board


• Definisi Motherboard



Mother Board merupakan board/papan induk atau main board dimana semua device dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dll. Mainboard tak kalah penting dengan prosesor. Jika dimisalkan pada manusia, mainboard adalah rangkaian pembuluh darah dan jaringan urat syaraf pada computer. Mainboard yang kurang baik, akan mengakibatkan tidak maksimalnya kinerja peripheral lain. Oleh karena itu, pemilihan mainboard yang tepat akan sangat mempengaruhi kinerja computer.


• Cara kerja Motherboard


Dalam system computer, peripheral-peripheral akan saling terkoneksi di dalam mainboard dan dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board. Seluruh peripheral yang terkoneksi akan menjadi sebuah system computer yang utuh. Sementara fungsi mainboard pada umumnya adalah menyalurkan arus input dan arus data yang diperlukan pada jalannya proses di dalam computer.


• Northbridge dan Southbridge


Chipset utama pada mainboard ada dua yaitu Northbridge dan Southbridge. Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main memory dan prosesor dan mengatur kerja power management. Sementara fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, AGP, dan fungsi I/O lainnya.


• BIOS


Dalam mainboard ada pula chipset EPROM yang berisi system operasi dasar yaitu BIOS ( Basic Input / Output System ). Fungsi BIOS ini adalah melakukan Bootstrap dan Inisialisasi Hardware pada saat booting.


• I/O Ports


I/O ( Input/Output ) ports merupakan bagian mainboard untuk berinteraksi dengan user melalui media peripheral I/O seperti keyboard, mouse, printer, dan lain sebagainya. Kebanyakan mainboard zaman sekarang selalu memiliki interface PS/2, USB, LPT, PCI, dan Serial. Kesemua ports tersebut memilii karakteristik dan fungsi tersendiri. Intinya untuk memudahkan user berinteraksi dengan computer dalam melakukan pekerjaan-pekerjaannya.



Yang harus diperhatikan dalam memilih ataupun merakit Mother Board adalah bahwa setiap Motherboard memiliki spesifikasi yang berbeda untuk setiap merek atau type antara lain :


1. Setiap Motherboard memiliki pasangan dengan processor tertentu, yaitu type socket atau slot yang tersedia untuk processor.


2. Kemampuan Motherboard untuk bisa di up-grade sampai dengan kecepatan processor berapa. Umumnya Motherboard mampu untuk di up-grade dengan mengganti processor. Informasi tentang hal ini sangat penting untuk pembelian motherboard dengan pertimbangan untuk bisa di up-grade.


3. Kapasitas memory RAM yang bisa dipasang pada motherboard semakin besar kapasitas memory yang disediakan semakin menguntungkan.


4. Slot yang tersedia untuk setiap jenis RAM, misalnya berapa slot yang disediakan untuk EDO RAM, SDRAM, dll.


5. Setting motherboard secara BIOS ( software ) atau secara jumper setting.


6. Jumlah slot untuk PCI dan ISA. Slot-slot tersebut sangat bermanfaat untuk penambahan peripheral seperti audio card.


7. Apakah motherboard support untuk untuk AGP bagi VGA card, support AGP akan lebih menguntungkan untuk persediaan apabila diinginkan peningkatan kemampuan grafis dari computer dengan memasang AGP card.


8. Speed Bus untuk memory sampai dengan kecepatan berapa (66, 100, 133, 200, 400 Mhz )


9. Apakah VGA card dan audio card sudah onboard atau tidak.

10. Power Supply untuk Mother Board AT atau ATX atau Baby AT. Beberapa jenis slot atau socket untuk processor antara lain :


a. Slot 1

Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor P-III dan Celeron.

b. Slot 2

Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor P-II dan Xeon 9.

c. Socket 7

Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor AMD K6-2, AMD K6-3 dan Cyrix M-II serta Pentium MMX.


d. Slot A


Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon, AMD Thunderbird.

e. Socket A

Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon dan AMD Duron.

f. Socket 370

Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Intel Pentium –III ( Tualatin and Coppermine )/Celeron TM


g. Socket 8

Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium-II dan Pentium Pro.

h. Socket 423

Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium-IV.



? Central Processing Unit / Processor


• Definisi Prosesor


Merupakan bagian utama dari computer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktivitas yang ada pada computer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz ( Mega Hertz ) atau GHz ( 1000 MegaHertz ), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada computer. Processor dapat kita analogikan sebagai otak dari computer. Hardware ini berfungsi untuk melakukan segala macam proses dalam system computer. Sehingga processor sangat menentukan kecepatan dan performa system computer.


• Cara kerja Prosesor


Dalam kenyataan di dalam system computer kita tidak dapat melihat secara kasat mata bagaimana cara kerja prosesor. Namun pada saat computer bekerja, prosesor sebenarnya melakukan pemrosesan aritmatika dan pengendalian operasi computer secara keseluruhan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh user.


• Karakteristik Prosesor


Terdapat 2 karakteristik prosesor yang berpengaruh langsung terhadap kemampuannya untuk membentuk suatu pekerjaan secara tepat, yaitu :


? Processor Speed


Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Kecepatan prosesor telah berkembang secara mengejutkan sejak pertama kali IBM memperkenalkan computer mikro mereka yang pertama. Moore’s Law, yang berasal dari nama Gordon Moore, yaitu salah seorang penemu Intel pada tahun 1960-an, menyatakan bahwa densitas suatu Integrated Circuits (IC) dalam chip silicon akan berlipat setiap tahun. Kecepatan microcomputer diukur dengan jumlah putaran yang terjadi per detik. Setiap cycle adalah kesempatan untuk suatu aksi misalnya penjumlahan 2 buah bilangan atau membandingkan dua karakter. Kecepatan PC kelas tinggi, workstation dan mainframe diukur dengan MIPS ( million instruction per second ). Kecepatan supercomputer diukur dengan FLOPS (floating point operations per second) dan GFLOPS (1GFLOP=1 billion FLOPS)



? Word Size


Processor pertama disebut mesin 8-bit karena setiap 8 bit data membentuk ukuran setiap kata. DAlam computer, 1 bit adalah sebagai nilai tunggal dari 0 atau 1. Word (kata) adalah suatu besaran berapa banyak bit dapat dipindahkan dalam setiap cycle. String yang terdiri dari 8 bits sekaligus membentuk 1 byte. 1 byte adalah jumlah bit yang cukup untuk menyatakan satu karakter. Dibutuhkan satu cycle processor untuk memindahkan satu kata (1 wors) data. Komputer mikro dengan prosesor chip Pentium III memiliki 32 bit word dan kadangkala disebut dengan mesin 32-bit. Microprocessor saat ini yang mempunyai kecepatan 150 kali dari model sebelumnya sebenarnya dapat 600 kali lebih powerful karena dapat memuat data 4 kali lebih banyak dalam setiap cycle-nya.


• Intel Microprocessor


Sistem board untuk computer IBM-PC, IBM PC/XT dan sebagian besar IBM-PC compatible yang diproduksi sebelum1984 menggunakan microprocessor chip Intel 8088. Intel 8088 lebih lambat dari Intel 8086 yang dikembangkan pada tahun 1979. Tahun 1984 diperkenalkan microprocessor Intel 80286 yang enam kali lebih cepat dari 8088. Kelanjutan berikutnya adalah Intel 80386 dan 80486 yang memberi kecepatan lebih besar pada computer micro. Generasi terbaru microprocessor adalah keluarga Pentium. Chips pentium dirancang untuk mengakomodasi aplikasi multimedia yang melibatkan sound dan motion video.


• Processor Clock


Dalam prosessor terdapat dua bagian penting yaitu Control Unit atau sering juga disebut CPU, dan Arithmetic Logic Unit (ALU). Kecepatan Prosessor dilihat dari clock CPU-nya (Control Unit-nya). Misal sebuah prosessor memilikiu kecepatan 350 MHz berarti prosessor tersebut dapat melayani 350 x 106 instruksi per detik. Peningkatan performa dengan menaikkan nilai clock CPU disebut overclocking.


• Intel Processor


Intel adalah sebuah vendor besar dalam dunia chipset dan prosessor. Perusahaan ini telah memproduksi puluhan kelas prosessor dan chipset. Yang sering kita dengar adalah prosessor kelas Pentium 1-4 dan Celeron. Dengan revolusi teknologi dari sejak socket 7, 478, dan 775. dari sejak single core sampai Core 2 Quad.


• AMD Processor


AMD juga merupakan salah satu produsen besar prosessor saingan Intel. Vendor ini juga telah memproduksi puluhan kelas prosessor dari sejak AMD K-5 hingga K-8 (socket 754-939-AM2). Dari sejak single core sampai Quad Core.

? Memory


• Definisi memory


Memory menurut arti katanya berarti tempat penyimpanan. Digunakan untuk menyimpan informasi/data baik sementara ataupun permanen. Ukuran memory didasarkan pada kapasitas penyimpanannya yang bersatuan Byte. Memory adalah ruang simpan sementara dalam chip computer.


• Main Memory Storage (Penyimpan Memori Utama)


Data computer digunakan ketika computer membawa instruksi. Software yang menjalankannya ditangani di dalam memory utama (main memory). Main memory pada sistem komputer adalah tempat penyimpanan informasi yang akan diproses pdaa prosessor. Karakteristiknya : berkapasitas kecil, aksess rate yang tinggi dan acak, serta sifat penyimpanannya vollatile (dapat menyimpan hanya jika komputer sedang beroperasi, jika komputer dimatikan maka informasi dalam main memory tersebut hilang).


Memory ini berada di CPU dan dibagi menjadi Read Only Memory (ROM) dan Random Access Memory (RAM).

? ROM


ROM merupakan tipe memori yang diklasifikasi sebagai non volatile. Maksudnya ROM menangani data secara permanent walaupun computer dipadamkan. ROM tidak dapat ditulis melainkan hanya membaca data. ROM difungsikan sebagai penyimpan program yang dibutuhkan untuk mengoperasikan computer seperti program boot dan program BIOS.



? RAM

RAM merupakan tipe memori yang diklasifikasikan sebagai volatile. Macam main memory dalam komputer desktop adalah RAM (Random Acces Memory). Tipe-tipe Ram yaitu EDORAM, RDRAM, SDRAM, dan DDR-SDRAM. Dalam RAM, terdapat beberapa chip memory yang digunakan sebagai storagenya. Kapasitas RAM hingga kini telah mencapai 2Gb per keping memorynya. Maksudnya data akan hilang jika computer dimatikan. RAM adalah sebagai penyimpan sementara untuk program dan data yang sedang digunakan pada computer. Jenis-jenis RAM yang beredar di pasaran antara lain :

o SRAM ( Static Random Access Memory )


Jarang digunakan karena sangat mahal dan memakan tempat.


o DRAM ( Dynamic Random Access Memory )


Berkembang dengan tipe yang berbeda-beda.


o EDODRAM ( Extended Data Out Dynamic Random Access Memory )


Pernah banyak digunakan tetapi sekarang sudah tidak lagi.


o SDRAM ( Static Dynamic Random Access Memory )



Masih banyak digunakan dan tersedia di pasaran.


o RDRAM ( RD Random Access Memory )


Banyak digunakan untuk server.


• Backing Storage ( Penyimpan Cadangan )

Penyimpan cadangan merupakan penyimpan semua informasi non aktif di dalam computer. Secondary memory juga merupakan tempat penyimpanan informasi /data. Namun karakteristik media pada secondary memory sangat berbeda dengan main memory, yaitu berkapasitas besar, aksess yang lebih lambat dibandingkan dengan main memory, dan sifat penyimpanannya non vollatile (meski komputer dimatikan, data tetap tersimpan / tidak hilang). Ada 2 jenis utama alat penyimpan cadangan yaitu :


? Serial Access


o Tape Drive


Membuat salinan data yang besar seperti isi harddisk merupakan masalah besar. Anda tidak akan membutuhkan disket untuk menympan data sebesar 3 Gb. Karena disket tidak mampu menyimpannya. Alternatif yang baik adalah menggunakan DAT ( Digital Audio Tape ) drive. Drive ini menggunakan cartridge tape DAT untuk menyimpan data sebesar 3 Gb.


? Direct Access



o Harddisk

Hardisk adalah storage devices yang paling sering di pakai. Bagian-bagian hardisk terdiri dari Logic board, motor, Platter, read-write head, interface slot, dan body. Logic board merupakan bagian hardisk yang mengatur kerja hardisk menurut instruksi dari user. Logic board ini nantinya mengatur putaran motor dan gerak dari read-write head menurut lokasi penempatan data. Read-write head inilah yang membaca dan menulis data pada hardisk, menyampaikan informasi kepada logic board, kemudian logic board menyampaikan kepada CPU melalui interface baik itu SATA maupun PATA. Harddisk banyak menangani program dan menyimpan data di komputer. Untuk alasan ini harddisk memiliki kapasitas simpan yang besar. Kapasitas simpan harddisk bertambah dengan pesat dari 40 MB hingga 80 Gb. Biasanya kapasitas simpan harddisk diukur dalam satuan gigabyte.


? PATA-SATA

PATA (Paralel ATA) merupakan sistem pemasangan hardisk dimana satu atau dua IDE devices dapat dipasang dalam satu kabel dan terkoneksi kepada satu ports IDE secara paralel. Sementara SATA (Serial ATA) adalah revolusi baru cara pemasangan hardisk dengan hanya satu devices dalam satu ports SATA. Terkesan lebih boros, namun kecepatan akses SATA jauh lebih tinggi dibandingkan dengan PATA, kesan pemasangan pun lebih rapi karena kabel yang digunakan untuk SATA jauh lebih kecil dari kabel IDE.


? Pengontrol Harddisk ( Disk Controller )

Harddisk dikontrol oleh microprocessornya sendiri yang terdaapat di papan rangkaian utama komputer yaitu motherboard/mainboard. Chip pengontrol disk standar ( standard disk controller chip ) dapat mengontrol empat alat input termasuk : Harddisk, Tape Backup, Drive CD-ROM, dan Drive DVD-ROM, sedangkan drive floppy disk mempunyai pengontrol sendiri. Ada 2 tipe kelompok harddisk yang umum digunakan yaitu exchangeable harddisk dan fixed harddisk. Kedua kelompok disk ini disusun dari rangkaian disk logam yang dibuat dengan teliti menempel pada kumparan pusat di dalam sebuah casing kedap debu (dustproof casing). Kapasitas exchangeable harddisk kira-kira 4 Gb dan fixed hardddisk kira-kira 10 Gb. Tipe umum fixed disk adalah fixed head disk yang mempunyai jumlah read/write head sebagai track per disk dan menghasilkan sedikit waktu tunda(delay). Exchangeable Disk Packs digunakan pada mainframe dan komputer mini. Disk ini di-load terlebih dahulu oleh pengguna sebelum digunakan. Exchangeable Disk Packs dapat dihapus untuk menyimpan data. Sebuah library atau penyimpanan disk berisi banyak data. Tipe ini umumnya digunakan dalam dunia finansial dan perbankan dimana ruang disk yang tersedia sangat besar. Kebanyakan harddisk yang digunakan pada komputer adalah fixed disk yang sering disebut dengan Winchester Harddisk.


o Floppy Disk ( disket )


Disk 3.5 inchi atau lebih dikenal dengan disket, merupakan alat penyimpan data yang sangat popular. Disket ini menggantikan floppy disk ukuran 5 inchi. Disk 3.5 inchi ukurannya kecil, keras, ringan dan dengan kapasitas simpan yang lebih tinggi dari disk 5 inchi. Ada 2 tipe floppy disk yang tersedia yaitu high density dan low density. Disk low density sekarang hanya digunakan dalam beberapa pengolah kata dan tidak diproduksi lagi.


? Merawat disket



Disket disimpan di kotak yang bersih atau di tempat penyimpanan khusus untuk mencegah debu. Disket jangan dibuka pada suhu terlalu panas atau suhu terlalu dingin dan jangan sekali-kali membuka steel shutter untuk menyingkap sisi dalam permukaan disk karena dapat menyebabkan kerusakan dan kehilangan data.


o Optical Drive


Pada proses instalasi, kita membutuhkan sebuah media untuk memulai booting komputer yang belum memiliki sistem operasi. Untuk beberapa master software, kita membutuhkan data yang read only / tidak dapat dirubah / termodifikasi oleh sistem lain. Pada zamannya, untuk pertukaran data menggunakan kepingan CD/DVD lebih praktis daripada harus membawa hardisk. Kita membutuhkan backup data yang aman. Pada penyimpanan di hardisk, kita masih terancam kehilangan data karena rusaknya hardisk akibat bad sector atau faktor lain, ancaman virus yang seringkali merusak data pada hardisk, atau modifikasi data oleh orang lain yang menemukan file kita secara sengaja atau tidak sengaja.


? CD ROM


CD-ROM adalah perangkat optik yang hanya dapat digunakan untuk membaca CD saja. Perangkatnya berisi optik, motor, tray, dan case. Pemilihan CD-ROM ini berdasarkan kecepatan bacanya. Pada zaman dahulu CD-ROM hanya memiliki keccepatan baca 1x, 2x, 4x, 12x, namun kini CD-ROM telah mampu melakukan pembacaan hingga 56x.


Kebanyakan software yang ada pada saat ini berada dalam CD-ROM. Hal ini karena CD dapat menangani data lebih banyak, sampai 700 Mb tanpa kompresi data. Saat ini CD merupakan pilihan yang efisien dan ekonomis.

? CD RW


CD-RW adalah perangkat yang mampu melakukan pembacaan dan penulisan terhadap CD. Artinya kita dapat menyimpan data kedalam sebuah CD blank. CD-RW biasanya memiliki 3 variable yaitu write/rewrite/read. Misal CD-RW 52x/32x/52x berarti perangkat tersebut memiliki kemampuan tulis 52x, kemampuan menulis ulang/menindih 32x, dan kemampuan baca 52x.


? DVD ROM



DVD-ROM adalah perangkat optik yang mampu membaca CD dan DVD. Bedanya dengan CD adalah DVD berisi data lebih banyak, yaitu + 4,5 GB. Kecepatan baca DVD hingga kini masih 16x, namun DVD-ROM mampu membaca CD hingga 52x.


? DVD Combo


DVD-Combo adalah perangkat yang memiliki gabungan fungsi 2 macam perangkat yaitu DVD-ROM dan CD-RW. Kemampuannya yaitu dapat membaca CD dan DVD, serta mampu menulis pada keping CD.


? DVD RW


DVD-RW merupakan perangkat tercanggih di kelas optical drive masa kini. Perangkat ini dapat melakukan pembacaan DVD dan CD serta mampu melakukan penulisan pada CD dan DVD. Kecepatan penulisan DVD hingga kini masih 16X saja.


? WORM ( Write Once Read Many )


Yaitu jenis disk optic yang dapat ditulis dan dibaca ulang tetapi tidak dapat diubah setelah direkam dengan alat penyimpan kapasitas tinggi. Pada disk ini, data hanya dapat disimpan satu kali saja sesuai dengan namanya Write-Once Read Many. Perangkat ini dikembangkan untuk system computer mainframe skala besar dimana banyak data untuk direkam. Teknologi ini tidak dibakukan dan ukuran disk beragam dari beberapa ratus megabyte sampai gigabyte. WORM dapat menyimpan semua versi file dan menghindari resiko kehilangan data.


o Tape Drive dan Magnetic Tape


Membuat salinan data yang besar seperti isi harddisk merupakan masalah besar. Anda tidak akan membutuhkan disket untuk menympan data sebesar 3 Gb. Karena disket tidak mampu menyimpannya. Alternatif yang baik adalah menggunakan DAT ( Digital Audio Tape ) drive. Drive ini menggunakan cartridge tape DAT untuk menyimpan data sebesar 3 Gb.



o Drive ZipTM dan JazTM


Transportasi data yang besar seperti data gambar atau presentasi MS PowerPoint membutuhkan ruang disk yang besar. Masalah ini dapat dipermudah dengan menggunakan drive ZipTM yang menggunakan disk dilapisi plastic kokoh yang dapat menyimpan data sebesar 100 Mb. Drive ZipTM bisa dibawa-bawa dan memudahkan transfer data antara mesin yang berbeda, dan dapat digunakan pada computer. Drive JazTM merupakan versi lebih canggih dari drive ZipTM yang dapat menyimpan data sebesar 2 Gb. Drive ini juga dapat dibawa-bawa dan dapat digunakan pada computer.


o Drive Pita Kumparan ke Kumparan ( Reel-to-reel Tape Drives )


Komputer mainframe besar sering menggunakan disk reel-to-reel yang menggunakan setiap inchi pita untuk menyimpan data yang banyak. Setiap kumparan panjangnya 3000 kaki atau sekitar 914,4 meter.


o USB Flash Disk ( UFD )


Jenis USB Flash Disk ini bisa bekerja pada system operasi WindowsMe/2000/XP, MacOS 9.x/A, Linux 2.4x. Kapasitas simpannya mulai dari 32 MB, 64 MB, 256 MB bahkan sampai 512 MB.


• Register


Tempat penyimpanan beberapa buah data volatile yang akan diolah langsung di prosesor yang berkecepatan sangat tinggi. Register in berada di dalam prosesor dengan jumlah yang sangat terbatas karena fungsinya sebagai tempat perhitungan / komputasi data.


• Cache Memory



Tempat penyimpanan sementara sejumlah kecil data untuk meningkatkan kecepatan pengambilan atau penyimpanan data di memori oleh prosesor yang berkecepatan tinggi. Dahulu cache disimpan di luar prosesor dan dapat ditambahkan. Misalnya pipeline burst cache yang biasa ada di computer awal tahun 90-an. Akan tetapi seiring menurunnya biaya produksi die atau wafer dan untuk meningkatkan kinerja, cache ditanamkan di prosesor. Memori ini biasanya dibuat berdasarkan desain static memory.


• Extension Memory


Tambahan memori yang digunakan untuk membantu proses-proses dalam computer, biasanya berupa buffer. Peranan tambahan memori ini sering dilupakan akan tetapi sangat penting artinya untuk efisiensi. Biasanya tambahan memori ini memberi gambaran kasar kemampuan dari perangkat tersebut, sebagai contoh misalnya jumlah VGA memory, Soundcard Memory.


Hirarki Storage


? Input / Output


• Input


Yaitu alat yang dioperasikan pengguna untuk mengirim informasi ke computer.


? Keyboard


Merupakan alat input data yang paling umum pada computer. Keyboard mengkonsumsi arus listrik yang sangat rendah untuk mengirim impuls listrik ke CPU ketika anda menekan sebuah tombol. Keyboard terbagi dalam 5 bagian yaitu :



o Tombol QWERTY


Bagian dari keyboard yang paling banyak digunakan dan dinamakan sesuai dengan nama dari enam huruf pertama dari baris atas tombol yaitu: “Q, W, E, R, T, Y”


o Tombol Fungsi


Tombol-tombol ini diberi symbol F1-F12 dan merupakan tombol jalan pintas (shortcut) untuk mengoperasikan kegiatan-kegiatan dalam program atau di dalam system operasi computer.


o Tombol Edit


Digunakan untuk memantau dokumen dari atas ke bawah (Page Down) atau dari bawah ke atas (Page Up) atau ke awal dokumen dengan menekan tombol Home atau ke akhir dokumen dengan menekan tombol End.


o Tombol Kontrol Kursor


Merupakan cara tercepat untuk memindahkan kursor yang lebih cepat dari mouse.


o Tombol Numerik



Digunakan untuk memasukkan sejumlah data numeric dalam jumlah besar.


? Mouse


Yaitu alat yang digunakan sebagai penunjuk pada software berbasis Windows. Disebut mouse karena alat ini mirip seekor tikus. Setiap tipe mempunyai keistimewaan pemakaiannya dan tergantung selera pengguna.


? Scanner


Didesain untuk menyalin gambar ke memori computer dan menyalin teks yang sering disebut system Optical Character Recognition atau OCR yang bisa digunakan untuk membaca LJK pada Ujian Nasional dan Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi. Banyak sekali jenis-jenis scanner yang tersedia, tergantung pada ketajaman dan resolusi warna.


? Kamera Digital dan Video Digital


Kamera digital merupakan salah satu aplikasi teknologi digital terbaru. Keunggulan utamanya adalah anda tidak perlu lagi membawa film. Kamera digital bekerja dengan memfokuskan cahaya ke dalam CCD yang terdiri dari sejumlah elemen-elemen sensitive terhadap cahaya seperti adanya titik (dots) yang membuat gambar. Video digital masih dalam tahap pertumbuhan. Kamera video digital mini merekam dalam kaset. Kualitas gambar dan suara kamera video digital jauh lebih baik daripada sebuah video camcorder biasa.


? Joystick dan Paddle


Joystick adalah alat penunjuk popular untuk game computer, meskipun dapat digunakan untuk aktivitas lain. Paddle bekerja seperti joystick ysng memiliki tombol kanan dan kiri serta tombol atas dan bawah yang mengontrol gerak. Games paddle mempunyai tombol yang dapat diprogram untuk berbagai jenis fungsi-fungsi game computer.


? Graphics Tablets atau Graphics Pads


Didesain untuk menggambar objek di monitor computer anda.


? Computer Aided Design ( CAD )


Merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk program rancang, bangun, rekayasa, arsitektur dan model-model ilmiah, mulai dari alat sederhana sampai perancangan gedung bertingkat, pesawat terbang dan lain-lain.


? PDA ( Personal Digital Assistant )


Sebuah writing pad menggunakan layar sensitive sentuhan untuk mengenali tanda/symbol tanpa menggunakan stylus. Kemudian mengkonversikan tanda ini menggunakan prosesor internalnya sendiri dan rangkaian di dalam sinyal digital.


? Mikropon ( Microphone )


Sistem pengenalan suara sekarang ini sangat banyak tersedia bahkan di emperan jalan (kaki lima). Harganya murah. Keunggulannya adalah dapat digunakan oleh orang yang tidak mampu mengontrol operasi computer.


• Output



Yaitu alat yang dikendalikan computer untuk menghasilkan informasi ke penggguna.


? Monitor

Walaupun monitor bukan peripheral esensial namun computer tidak akan berfungsi tanpa kehadirannya. Kita membutuhkan monitor untuk melihat hasil kerja kita. Kualitas gambar pada monitor disebut resolusi layar. Resolusi atau ketajaman gambar ini diukur dengan satuan picture elements atau disingkat pixel. Monitor merupakan perangkat untuk menampilkan gambar / output dari VGA. Ada beberapa macam monitor, antara lain monitor CRT dan LCD. Monitor CRT masih menggunakan tabung sebagai konverter arus menjadi display. Sementara monitor LCD telah mengadopsi teknologi air raksa sebagai sel display. Kelebihan monitor CRT adalah kekuatannya terhadap sentuhan di layar jauh lebih kuat dibandingkan dengan LCD. Sementara LCD menawarkan kelebihan yaitu design yang lebih simple dan portable, slim and flat.


? Printer


Terdapat 3 jenis printer yaitu :


o Printer Dot Matrix


Disebut juga dengan impact printer, merupakan jenis printer yang membentuk tanda pada kertas dengan mekanisme menyentuh kertas atau menekan pita bertinta pada kertas.

o Printer Ink-Jet


Yaitu printer non ketuk yang menyemprotkan tetesan tinta kecil pada kertas.



o Printer Laser


Yaitu jenis printer elektrografis yang berdasarkan teknologi pada mesin fotocopy.


? Sistem Suara ( Sound System )


o Soundcard

Soundcard adalah perangkat pengubah isyarat menjadi signal suara pada -tipe souncard ada yang memiliki interface ISA (pada zaman komputer lawas), PCI (hingga sekarang masih banyak digunakan), dan onboard (terintegrasi pada mainboard). Kebanyakan produsen mainboard masa kini telah menyertakan souncard yang handal dalam produk mainboardnya.

o Speaker

Speaker merupakan perangkat untuk mengubah signal suara input menjadi suara yang sesungguhnya. Saat ini banyak sekali tipe speaker. Untuk masalah pemilihan tergantung selera kita.

? Musical Instrument Digital Interface ( MIDI )


Penggunaan antarmuka MIDI membolehkan anda untuk berhubungan dengan sebuah synthesizer ke computer anda. Untuk tujuan ini anda membutuhkan software ( sebuah MIDI compatible music recording dan program edit ) dan hardware ( soundcard MIDI dan kabel MIDI untuk hubungan ke synthesizer ).



• VGA

? Pengertian VGA (Video Graphics A)

Perangkat Output yang berfungsi untuk mengubah bahasa mesin menjadi tampilan baik grafis maupun text mode di layar monitor. Artinya VGA menghubungkan sistem komputer dengan monitor.

? Memory pada VGA

Memory pada VGA dapat bekerja karena memiliki memory internal ataupun dedicated khusus untuk tampilan. Ukuran memory VGA hampir sama dengan main memory. Tetap dalam satuan byte. Kebanyakan VGA masa kini telah memiliki kapasitas dan clock yang tinggi.

? Integrated VGA

Salah satu tipe VGA adalah VGA yang telah terintegrasi di dalam mainboard. Ini biasa disebut dengan VGA on board. Biasanya VGA onboard menggunakan memory utama / RAM untuk menjalankan fungsinya sebagai Graphic Adapter. Namun beberapa tipe mainboard telah menyediakan memory khusus yang terintegrasi pula di sebuah bagian pada mainboard, sehingga sistem tidak perlu membagi kapasitas memory utama untuk dipakai oleh VGA.

? AGP

AGP merupakan interface VGA beberapa waktu yang lalu namun sampai sekarang masih sering digunakan pada beberapa tipe mainboard karena masih banyaknya pemakai VGA tipe AGP yang masih sayang untuk beralih ke PCI Express. Kecepatan port AGP pun beragam dari 1x, 2x, 4x, dan 8x.



? PCI Express

PCI Express merupakan interface VGA masa kini. Dengan design yang berbeda, PCI Express menawarkan kecepatan VGA yang relativ jauh lebih cepat dibandingkan VGA dengan interface AGP. Kemampuan PCI Express mencapai 16x.

? Perangkat Tambahan


• Network Adapter


? LAN Card

Lan Card / ethernet merupakan perangkat komputer untuk dapat berkomunikasi / berinteraksi melalui jaringan / kabel.

? WiFi

WiFi adalah perangkat jaringan tanpa kabel /wireless.

? Modem


Modem (Modulator-demodulator) adalah perangkat adapter jaringan yang menghubungkan sebuah jaringan lokal/sinlge komputer terhadap telefon, sehingga dapat digunakan untuk koneksi internet.

? Bluetooth

Sebuah perangkat wireless yang berfungsi untuk bertukar data / untuk membuat jaringan lokal secara wireless alternatif.


• Power Supply


? PSA

PSA (Power Supply Attachement) merupakan nyawa dari sebuah komputer. Tanpa PSA, komputer tidak akan bisa menyala. Zaman dahulu power supply dibedakan menjadi 2 macam, yaitu AT dan ATX. Perbedaannya adalah masalah power management dan slot- powernya yang jauh berbeda. Zaman sekarang, pembedaan power supply bukan lagi karena perbedaan power managementnya namun masih banyaknya keluaran mainboard yang masih menggunakan interface 20 pin power, sementara untuk komputer baru telah banyak menggunakan interface 24 pin.

? UPS

UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah perangkat tambahan yang dapat menyimpan daya listrik selama beberapa menit, sehingga pada saat listrik mati maka komputer masih tetap dapat menyala selama beberapa menit untuk kita mematikan komputer dan menyimpan pekerjaan kita.

? Stabilizer


Stabillizer adalah perangkat untuk menstabilkan tegangan input sehingga didapatkan tegangan yang rata (tidak naik turun).


ISTILAH-ISTILAH PADA MOTHERBOARD
1. BIOS

Singkatan dari Basic Input/Output System. Merupakan kumpulan informasi motherboard dan juga merupakan software berisi perintah-perintah dasar. Fungsi utamanya adalah sebagai sarana komunikasi antara sistem operasi dengan hardware yang terpasang pada motherboard.


2. Bus

Istilah yang menyatakan sistem aliran data yang digunakan hardware yang terpasang pada motherboard untuk berkomunikasi dengan prosesor. Satuan yang digunakan biasanya adalah frekuensi (Hertz) atau lebar bit data.


3. Clock Speed

Istilah ini digunakan untuk menyatakan kecepatan dari sebuah prosesor atau komponen lainnya. Angka clock speed didapat dari perkalian multiplier terhadap FSB. Semakin tinggi clock speed, maka semakin tinggi kinerja yang dihasilkan oleh prosesor atau komponen hardware tersebut. Satuan yang digunakan biasanya adalah megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz). Biasanya disebut juga sebagai kecepatan eksternal dari sebuah prosesor.


4. FSB

Singkatan dari Front Side Bus, yaitu bus utama yang menghubungkan antara prosesor dengan chipset motherboard. Satuan yang digunakan adalah megahertz (MHz).


5. Heatsink

Komponen yang diletakkan di atas prosesor. Fungsinya adalah menyerap panas yang dihasilkan saat prosesor bekerja. Biasanya sebuah heatsink dilengkapi sebuah kipas untuk menjaga agar suhu prosesor tetap stabil.


6. Overclocking


Suatu teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja prosesor, memori, atau kartu grafis, dengan cara meningkatkan FSB atau clock speed komponen tersebut. Teknik ini memerlukan sebuah system pendingin khusus pada komponen, karena menghasilkan panas berlebih, di mana panas berlebih ini dapat merusak sistem. PC


Bagian-Bagian Penting Mainboard


Dalam sebuah mainboard terdapat bagian-bagian yang perlu diketahui apabila kita hendak merakit sebuah komputer, diantara sekian banyak bagian tersebut ada beberapa yang memegang peranan penting antara lain :


1. Soket Dudukan Prosesor


Pastikan bahwa mainboard yang kita beli support dengan prosesor yang kita inginkan. Contoh soket dudukan prosesor terlihat pada gambar di bawah ini.



2. Slot Memori RAM

Karena jenis dan tipe RAM yang berbeda-beda, perhatikan pula tipe slot memori RAM yang ada pada mainboard. Contoh gambarnya adalah sebagai berikut.



3. Port Paralel/Serial ATA

Ini berfungsi untuk menghubungkan Hard Disk atau CD/DVD Drive dengan mainboard. Paralel dan Serial adalah jenis interface dari hard disk ato cd/dvd drive tersebut. Contoh masing-masing port terlihat pada gambar berikut.


Port Paralel


Port Serial



Diambli dari : http://marshacarlo.ngeblogs.com/2009/10/18/tugas-aplikom-1a-mainboard/
Share this article :

+ komentar + 13 komentar

Sabtu, Juli 02, 2011 10:22:00 AM

sip

Anonim
Senin, September 05, 2011 5:57:00 AM

Lengkapnya.

Anonim
Kamis, Mei 03, 2012 4:31:00 PM

Alhamdulillah akhirnya berkat blog ini sebagian tugas kuliahku dapat terselesaikan, terima kasih, Gan, hanya Tuhan yang akan membalasnya. Amin Allahumma amin.

Jumat, Mei 04, 2012 6:31:00 PM

Terima kasih banyak, lumayan buat nambah-nambah tugas Artikel

Makasih ...

Jumat, Oktober 05, 2012 2:57:00 PM

izin copas link mas .. trimaksih ya atas infonya ..

Anonim
Senin, Januari 07, 2013 4:49:00 PM

Malaysia & Singapore & brunei ideal on the internet blogshop
for wholesale & quantity korean accessories, earrings, earstuds, choker, rings, bracelet, hair & bracelet accessories.

Promotion 35 % wholesale price cut. Ship Worldwide
Visit my site playstation repair

Anonim
Jumat, Februari 01, 2013 6:31:00 PM

Thanks to my father who stated to me concerning this blog,
this website is genuinely amazing.
Here is my web page : Poker

Anonim
Kamis, Maret 07, 2013 8:52:00 AM

I know this web site gives quality dependent posts and extra data, is there any
other web site which gives these data in quality?

Feel free to surf to my web blog: dumbbell

Anonim
Selasa, April 02, 2013 9:25:00 AM

Hello just wanted to give you a brief heads up and let you know a few of the pictures aren't loading correctly. I'm not sure why but I think its a linking
issue. I've tried it in two different web browsers and both show the same results.

Visit my site copenhagen dj

Anonim
Rabu, April 03, 2013 5:43:00 AM

Incredible! This blog looks just like my old one! It's on a entirely different subject but it has pretty much the same layout and design. Excellent choice of colors!

My website; software torrents download downloadshield.net

Anonim
Rabu, Mei 29, 2013 4:40:00 AM

Greetings from Idaho! I'm bored at work so I decided to check out your website on my iphone during lunch break. I enjoy the info you present here and can't
wait to take a look when I get home. I'm shocked at how quick your blog loaded on my mobile .. I'm not even using WIFI, just 3G .
. Anyhow, amazing blog!

my web blog :: Teen Sex Videos

Anonim
Rabu, Mei 29, 2013 6:18:00 PM

You should be a part of a contest for one of the most useful sites on the net.
I am going to recommend this web site!

My homepage :: hotgirlsexcam.com

Anonim
Sabtu, Juni 01, 2013 7:36:00 AM

hello!,I like your writing so so much! proportion we be in contact
more approximately your article on AOL? I require a specialist on this area to solve
my problem. May be that is you! Having a
look forward to see you.

My webpage www.pussyxxx.org

Poskan Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog pribadi saya yang semua artikelnya merupakan copy paste dari artikel orang lain yang menurut saya sangat bermanfaat buat saya pribadi. Jangan lupa meninggalkan bekas yang santun dan link blog sahabat sehingga suatu saat nanti kami bisa mengunjungi blog sahabat sekalian.

Jika ingin follow dan tukar link mohon untuk meninggalkan link dan komentar.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi SWB Yogyakarta dengan alamat swbjogja.blogspot.com

Jika ingin memberikan Donasi silahkan klik Donasi

dan jika ingin melihat laporan Donasi sahabat silahkan klik Laporan Donasi

 
Support : Team Undal-undul
Copyright © 2013. Sang Pemimpi - All Rights Reserved
Template Finished @cikasrya editor Published by @cikarsya published
Proudly powered by @cikarsya donation